Comscore Tracker

Honor Panpel Porprov Belum Dibayar, Ini Alasan KONI Sumsel

Plt Ketua KONI Sumsel sebut pembayaran honor hanya tertunda

Palembang, IDN Times - Pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumsel XII 2019 di Prabumulih, memang sudah berakhir Selasa 26 November pekan lalu. Namun di balik suksesnya even tersebut, ada persoalan yang belum diselesaikan.

Ya, karena ada ratusan tenaga panitia pelaksana (panpel) Porprov XII Prabumulih yang belum menerima honor mereka selama penyelenggaraan even tersebut. Bahkan, saat Porprov lagi berlangsung di Kota Nanas itu, ada beberapa cabor yang mengancam tidak akan melanjutkan pertandingan, karena ada honor official yang belum dibayar.

1. Panitia cabor renang akui honor mereka belum dibayar

Honor Panpel Porprov Belum Dibayar, Ini Alasan KONI SumselKetua KONI dan Kadispora Muba bersama atlet usai menerima medali pada Porprov XII Prabumulih/IDN Times/Istimewa

Menurut panitia penyelenggara cabor renang Sumsel, Hunce Hamzah, terkait keterlambatan dana untuk pembayaran honor panitia itu sudah cukup sering terjadi. Namun, pihaknya menilai mungkin karena ada kendala teknis.

"Memang belum dibayar (honor panitia) yang porprov kemarin, iya pernah juga beberapa ajang olahraga panitia penyelenggara mengalami keterlambatan. Tetapi selama ini dibayar, ini masalah waktu saja," ujar dia.

2. KONI Sumsel beralasan adanya permohonan ke Pemprov Sumsel yang belum disetujui

Honor Panpel Porprov Belum Dibayar, Ini Alasan KONI SumselWakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya bersama kepala daerah menekan tombol sirine pertanda ditutupnya Porprov XII Prabumulih/IDN Times/Istimewa

Menanggapi hal tersebut, Plt Ketua KONI Sumsel Dennie Zainal mengungkapkan, bahwa keterlambatan honor panitia pelaksana Porprov Prabumulih yang belum dibayarkan terjadi karena adanya permohonan ke pemerintah daerah yang belum disetujui.

"Memang ada kerlambatan, tetapi ini hanya tertunda saja, dalam proses pencairan dana, kita KONI Sumsel juga mengajukan permohonan sebab ada dana hibah dari pemda. Permohonan ini yang sedang di proses untuk masuk ke KONI. Soalnya pencairan dana bukan hal mudah," katanya saat dihubungi IDN Times via ponsel, Senin (2/12).

Baca Juga: Ini Penyebab Prestasi Palembang Kalah Moncer dari Muba di Porprov XII

3. KONI Sumsel harus menghitung total honor yang dibayar, tidak bisa membayar setengah-setengah

Honor Panpel Porprov Belum Dibayar, Ini Alasan KONI SumselPlt KONI Sumsel, Dhennie Zainal (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Dennie melanjutkan, untuk membayarkan honor ke setiap cabor dan kabupaten/kota tidak bisa dilakukan dengan sistem mencicil. Karena, mereka harus menghitung berapa total yang dibayar, tidak bisa dibayar setengah-setengah.

"Tunggu saja, ini karena proses. Nanti sudah bisa didapat dalam waktu dekat. Pasti terselesaikan uangnya ada. Kemudian, kita nanti bayar sekaligus ke semua cabor biar tidak ada kecemburuan sosial, kalau dibayar setengah-setengah dan supaya adil," tandas dia.

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Just For You