Comscore Tracker

Gelar Seleknas SEA Games 2021, Pengurus Besar PBI Jamin Taat Prokes

Seleknas dilaksanakan secara terpusat di Palembang

Palembang, IDN Times - Ketua Harian Pengurus Besar Persatuan Boling Indonesia (PB PBI), Jimmy Senduk, menjamin pelaksanaan pelatihan nasional (pelatnas) bagi atlet yang lolos seleksi nasional (seleknas) SEA Games 2021 di Jakabaring Sport City (JSC) Bowling Center Palembang, dilaksanakan sesuai protokol kesehatan atau prokes COVID-19.

"Hari ini pembukaan Seleknas SEA Games 2021 sampai 22 Januari. Seluruhan peserta ada dari delapan pengprov dengan total 40-an atlet. Penyelenggaraan Seleknas dan Pelatnas sudah kita lakukan sesuai prokes, karena dalam ruangan ber-AC jadi tidak ada gangguan dengan tetap menjaga 3M," ujarnya, Rabu (20/1/2021).

1. Seleksi nasional tanpa batsan umur

Gelar Seleknas SEA Games 2021, Pengurus Besar PBI Jamin Taat ProkesSeleknas atlet boling menuju Sea Games 2021 (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Jimmy mengatakan, setelah PB PBI mendapatkan atlet lolos seleknas selanjutnya akan menyiapkan pelaksanaan pelatnas pada Februari mendatang.

"Dari seleksi ini, tiap atlet pengprov akan bertanding untuk lolos. Baru kita persiapankan menuju SEA Games di Vietnam," kata dia.

Berdasarkan format dari Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), PB PBI bakal menjaring 7 putra dan 7 putri atlet, termasuk 2 orang dari kelas junior. Keseluruhan seleksi menggunakan sistem pertandingan sesuai ketetapan PBI pusat.

"Yakni tidak ada batasan umur, seleksi ini semua keputusan diserahkan semua dari perwakilan pengprov masing-masing," timpalnya.

Baca Juga: Tanpa Bantuan Pemerintah, PBI Sumsel Ikut Seleknas SEA Games 2021

2. Lokasi pelatnas kemungkinan terbagi di Palembang dan Jakarta

Gelar Seleknas SEA Games 2021, Pengurus Besar PBI Jamin Taat ProkesAtlet Sumsel ikuti Seleknas Sea Games 2021 di JSC Bowling Center (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Dari total atlet yang ikut berpartisipasi, sebanyak 40 orang akan mengikuti seleksi selama tiga hari hingga 22 Januari 2020. Pada hari pertama, para atlet diberi kesempatan mengumpulkan poin tertinggi.

"Selanjutnya ada sistem degradasi. Ketika nilai mereka tidak memenuhi syarat, artinya mereka tidak bisa lolos, nilai tidak bisa diubah. Nilai itu dihitung komputerisasi dan selalu di-update terus," terang dia.

Setelah mendapatkan atlet yang lolos seleksi nasional ini, sambung Jimmy, PB PBI Sumsel segera mengajukan nama-nama peserta ke Kemenpora untuk ikut Pelatnas di Palembang atau Jakarta.

"Kita lihat nanti (lokasi) penyesuaian atlet yang penting, tapi pasti ada di Bowling Center," jelasnya.

3. Sumsel turunkan 11 atlet di seleknas

Gelar Seleknas SEA Games 2021, Pengurus Besar PBI Jamin Taat ProkesPelatih atlet boling Sumsel, Aswin (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Pelatih atlet boling Sumsel, Aswin menambahkan, dari total 40 atlet yang mengikuti seleknas SEA Games 2021 Vietnam, 11 orang atlet Sumsel terbagi dari kelas junior dan senior dengan usia termuda 14 tahun untuk kategori early.

"Sebanyak 11 atlet Sumsel ikut seleknas, perwakilan di kelas junior putra 3 orang, junior putri 2 orang, dan senior putra maupun putri masing-masing 3 orang," ujar dia.

Aswin melanjutkan, atlet Sumsel yang memiliki potensi mewakili Indonesia dan melaju ke SEA Games 2021 di Vietnam adalah Elsa Maris. Atlet lokal yang memiliki keterbatasan namun mempunyai kemampuan luar biasa.

"Dia merupakan atlet tuna wicara, ia disabilitas. Namun berhasil mencapai prestasi terbaik di Asia Paragames di Jakarta, mendapatkan medali emas dan perak," tandas dia.

Baca Juga: 4 Fakta Menarik Jakabaring Bowling Centre yang Bikin Penasaran 

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya