Comscore Tracker

Ratusan Nelayan di Muba Gunakan BBG di Kapal Tangkap Ikan

Lebih minim anggaran dan pangkas pengeluaran setiap bulan

Musi Banyuasin, IDN Times - Para nelayan di perairan Musi Banyuasin (Muba) tak lagi kesulitan menjalankan aktivitas menangkap ikan dengan biaya besar. Sebab mereka sudah difasilitasi perahu dengan Bahan Bakar Gas (BBG) bantuan dari pemerintah.

Program Kemitraan Kementerian ESDM dan Komisi VII DPR RI secara bertahap mulai mendistribusikan paket bantuan kepada nelayan di setiap kecamatan di Muba. Kali ini sosialisasi paket konversi BBM ke BBG untuk kapal penangkap ikan, dikhususkan bagi nelayan di Desa Rantau Panjang Kecamatan Lawang Wetan, Jumat (18/11/2022).

Baca Juga: Warga 7 Desa di Bayung Lencir Muba Terima Uang Pembebasan Lahan Tol

1. BBG bisa menurunkan pengeluaran nelayan

Ratusan Nelayan di Muba Gunakan BBG di Kapal Tangkap Ikan(Penyerahan simbiosis bantuan BBG kepada nelayan di Muba) IDN Times/Istimewa

Kepala Dinas Perikanan Muba, Hendra Tris Tommy mengungkapkan, pemilihan gas LPG merupakan alternatif yang sama dengan yang bermotor bensin. Manfaatnya, emisi gas buangan rendah dan akan menurunkan pengeluaran nelayan.

"Bantuan ini diharapkan memberi dampak positif dan membantu meningkatkan ekonomi masyarakat. Kita sosialisasi dilanjutkan pembagian pada 21 hingga 23 November di Rantau panjang," ujarnya.

Baca Juga: Alfamart di Jalan Lintas Sumatra Palembang Betung Disatroni Perampok

2. BBG bantu tekan inflasi akibat kenaikan BBM

Ratusan Nelayan di Muba Gunakan BBG di Kapal Tangkap Ikan(Penyerahan simbiosis bantuan BBG untuk nelayan di Muba) IDN Times/Istimewa

Menurutnya dengan bantuan paket konversi BBM ke BBG dapat meningkatkan perekonomian dan membantu meringankan beban nelayan. Sebab dengan bahan bakar gas, pengeluaran para nelayan untuk BBM bisa dipangkas.

"Selain itu juga sinergi dengan program penanggulangan dampak inflasi kenaikan harga BBM yang gencar dilakukan oleh pemerintah," terangnya.

3. Peran nelayan sangat penting dalam penanggulangan stunting

Ratusan Nelayan di Muba Gunakan BBG di Kapal Tangkap Ikan(Uji coba BBG untuk perahu nelayan di Muba) IDN Times/Istimewa

Camat Lawang Wetan, Candra menyampaikan, bantuan tersebut memang sangat diharapkan warganya. Apalagi potensi sungai berjumlah 119 objek lelang di Kecamatan Lawang Wetan.

"Tentu bantuan ini harapan kami untuk meningkatkan lagi potensi perikanan dalam memenuhi kebutuhan protein di Lawang Wetan dan kecamatan lain, sehingga dapat menekan angka stunting di Kabupaten Muba," tutupnya.

Baca Juga: Sandiaga Uno Siapkan Kunjungan Wisman Tiongkok 2023

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya