Bonus Tak Cair, Atlet Porprov Lubuk Linggau Geruduk Kantor Wako

Pemkot janjikan bonus jika atlet berhasil sumbang medali

Intinya Sih...

  • Ratusan atlet Lubuk Linggau protes ke Pemkot terkait lambannya pencairan bonus.
  • Pelatih dan atlet mengungkapkan kekecewaan atas janji-janji manis Pemkot yang tak terealisasi.
  • Pemkot menegaskan janji bonus disampaikan Walikota dan akan dianggarkan pada APBD 2024.

Lubuk Linggau, IDN Times - Ratusan massa dari atlet Lubuk Linggau yang berprestasi di Pekan Olahraga Provinsi Sumatra Selatan (Porprov Sumsel) ke-XIV di Lahat 2023, melakukan demontrasi ke Kantor Wali Kota (Wako) Lubuk Linggau, Senin (10/6/2024). 

Para atlet meluapkan kekecewaan mereka melalui orasi dan protes atas lambannya pencairan bonus. Padahal atlet yang menang telah mendulang medali demi mengharumkan nama Lubuk Linggau. 

Baca Juga: Atlet Peraih Medali Porprov XIV Banyuasin Mengadu Bonus Belum Cair

1. Pemberian bonus dinilai janji manis belaka

Bonus Tak Cair, Atlet Porprov Lubuk Linggau Geruduk Kantor Wako(Bonus tak Cair, Atlet Porprov Lubuk Linggau Geruduk Kantor Walikota) IDN Times/istimewa

Pelatih cabor Sambo, Adi mengatakan, mereka sudah lama menunggu bonus bagi atlet berprestasi di Poprov XIV 2023 seperti yang sudah dijanjikan selama ini. Namun bonus atlet tidak kunjung cair seperti yang diharapkan.

"Kami sudah capai dan berkeringat, bahkan bermandi darah, tangan dan kaki patah. Tidak semudah seperti kalian lihat. Lalu bagaimana bonus atlet yang dijanjikan?" katanya saat orasi.

Hal serupa diungkapkan Tengku Tube, atlet sepak takraw yang menyebut protes sekaligus tuntutan pencairan bonus karena para atlet sudah lelah dengan janji-janji manis Pemkot Lubuk Linggau.

"Kami ini berjuang demi mengharumkan nama Kota Lubuk Linggau, berbagai upaya yang telah dilakukan tidak juga membuahkan hasil. Lagi-lagi, kami hanya diberi janji-janji," bebernya. 

Baca Juga: Porprov Lahat Ricuh, Wasit Sepak Bola Dipukul Pemain Asal Palembang

2. Pemkot tegaskan komitmen terhadap atlet berprestasi

Bonus Tak Cair, Atlet Porprov Lubuk Linggau Geruduk Kantor WakoIlustrasi pria sedang memegang medali (freepik.com/freepik)

Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kota Lubuk Linggau, Herdawan mengatakan, sejatinya Pemkot Lubuk Linggau tidak pernah menutup keran komunikasi dengan para atlet. 

"Seharusnya masalah ini cukup dengan melakukan audiensi dari para perwakilan atlet saja," ujarnya.

Kendati demikian, Herdawan memaklumi unjuk rasa yang dilakukan para atlet karena ketidakpuasan dari beberapa pejuang olahraga sehingga mereka melakukan aksi tersebut. 

Mengenai bonus para atlet ditegaskan Hendrawan, Pemkot Lubuk Linggau tidak pernah memberikan janji-janji busuk seperti yang diteriakkan para atlet saat orasi. Namun, Pemkot komitmen memberikan penghargaan kepada atlet yang berprestasi. 

"Janji bonus itu disampaikan Wali Kota Lubuk Linggau SN Prana Putra Sohe saat itu, saat pelepasan atau keberangkatan para atlet maupun tim ofisial Porprov 2023 pada September," ungkapnya.

3. Bonus akan diberikan dengan dana APBD 2024

Bonus Tak Cair, Atlet Porprov Lubuk Linggau Geruduk Kantor WakoUnsplash

Bonus para atlet akan diberikan menggunakan dana APBD 2024. Ia menjelaskan ada proses penganggaran yang harus dilakukan dan tidak bisa serta merta masuk APBD. 

"Karena saat pembahasan APBD induk, usulan bonus atlet tersebut belum dimasukan. Maka bonus para atlet akan diusulkan pada APBD Perubahan. Paling lambat nanti September 2024 diketuk palu," ujarnya. 

Diketahui sebelumnya atlet Kota Lubuk Linggau berhasil menyumbangkan 152 medali. Dari total medali tersebut, bonus yang harus dianggarkan Pemkot Lubuk Linggau senilai hampir Rp2 miliar atau tepatnya berkisar Rp1,95 miliar. Bonus yang dijanjikan untuk atlet peraih medali emas Rp15 juta, perak Rp10 juta, dan peraih perunggu Rp8 juta. 

Baca Juga: Pemkot Palembang Janjikan Beri Bonus Pelatih Porprov dan Peparprov 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya