Comscore Tracker

Tak Banyak Tahu, Ini 5 Suku Asli Ogan Komering Ilir di Sumsel

Suku yang tinggal di Sungai Ogan tersebar ke beberapa daerah

Palembang, IDN Times - Wilayah Sumatra Selatan terdiri dari ragam suku. Awalnya, suku-suku di Sumsel mendiami wilayah pesisir sungai hingga ke pedalaman dataran tinggi. Untuk satu daerah saja, seperti Ogan Komering Ilir (OKI), memiliki lima suku yang berbeda dan keunikan masing-masing.

Adapun kelima suku di OKI akan dibahas di bawah ini, mari simak terus penjelasan sampai akhirnya, ya!

1. Suku Ogan tersebar di tiga kabupaten

Tak Banyak Tahu, Ini 5 Suku Asli Ogan Komering Ilir di SumselIlustrasi Bumi (IDN Times/Mardya Shakti)

Suku Ogan merupakan suku bangsa yang mayoritas mendiami Sumatra Selatan (Sumsel). Masyarakat Suku Ogan tersebar luas ke daerah Baturaja, Peninjauan, Pengandonan, serta di Ulu Ogan.

Selain itu, suku ini juga bisa ditemukan di sekitaran daerah Tulung Selatan dan sebagian daerah Kayu Agung. Selain itu, Suku Ogan juga menguasai daerah populasi kecil yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur.

Masyarakat tersebut menghuni di sepanjang aliran Sungai Ogan yang dimulai dari Baturaja hingga Selapan.

Baca Juga: Elok nan Alami! Ini Rahasia Perempuan dari Beragam Suku di Indonesia 

2. Suku Komering punya populasi 10 persen di Palembang

Tak Banyak Tahu, Ini 5 Suku Asli Ogan Komering Ilir di SumselAliran Sungai Komering, Sumatra Selatan (IDN Times/Rangga Erfizal)

Suku asli OKI selanjutnya adalah Suku Komering. Suku bangsa yang satu ini sudah hadir sejak sebelum abad ke-7. Nama suku Komering diambil dari nama sungai yang berada di dataran Sumsel.

Hal ini juga menjadi salah satu tanda dari daerah kekuasaan Komering. Daerah kekuasaan tersebut telah tertulis di dalam Zawawi Kamil yang telah disebutkan dalam sajak dialek Komering.

Suku ini mayoritas berada di Kabupaten OKI, Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Selatan, serta di OKU Timur. Selain itu, sekitar 10 persen suku Komering juga sudah migrasi ke Kota Palembang.

Baca Juga: Kuliner Palembang Burgo Ditetapkan Warisan Budaya Tak Benda Nasional

3. Suku Kayu Agung mayoritas petani

Tak Banyak Tahu, Ini 5 Suku Asli Ogan Komering Ilir di SumselIlustrasi petani menanam padi di area persawahan. (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Suku Kayu Agung merupakan salah satu suku yang berasal dari Kabupaten OKU. Kebanyakan masyarakat yang menganut suku ini bertempat tinggal di Kota Kayu Agung dan di sekitar perbatasan Sumsel.

Sebagian mayoritas masyarakatnya menganut agama Islam dengan pekerjaan umum menjadi seorang petani.

Baca Juga: 10 Makanan Indonesia Ini Ternyata Dipengaruhi Budaya Tiongkok

4. Suku Penesak atau Meranjat

Tak Banyak Tahu, Ini 5 Suku Asli Ogan Komering Ilir di SumselPindang meranjat (instagram.com/tesyablog)

Suku asli OKI yang lain adalah suku Penesak. Suku ini juga biasa disebut dengan suku Meranjat. Masyarakat yang menganut suku ini tinggal di Kecamatan Tanjung Batu serta sebagian kecamatan yang ada di Lubuk Keliat.

Bahasa sehari-hari yang digunakan yaitu Meranjat. Bahasa ini juga mengandung unsur bahasa melayu yang umum telah menjadi bahasa persatuan di Bumi Sriwijaya.

5. Suku Pegagan

Tak Banyak Tahu, Ini 5 Suku Asli Ogan Komering Ilir di SumselIlustrasi suku. ANTARA FOTO

Suku Pegagan juga menjadi salah satu suku yang mendiami sebagian wilayah di OKI. Kebanyakan suku ini berada di daerah Marga Pegagan Ilir Suku I, II, dan daerah Pegagan Ilir suku III.

Suku Pegagan terbagi menjadi dua sub suku yang dinamakan Pegagan Ilir dan Pegagan Ulu. Selain itu, suku ini juga mempunyai berbagai jenis kesenian serta kebudayaan yang masih tetap terjaga dengan baik. Masyarakat dari suku ini mempunyai prinsip yang dipegang teguh untuk melestarikan serta menjaga dengan baik kebudayaan nenek moyang mereka.

Itulah beberapa suku asli OKI yang tak banyak diketahui orang-orang. Keberagaman suku yang di Sumsel membuktikan bahwa Indonesia bisa menjalani kehidupan dengan berbagai keragaman.

Baca Juga: Ini Cara Seniman Pertahankan Pilar Budaya Tradisional Khas Palembang

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya