Comscore Tracker

PPNI Sumsel Sesalkan Penganiayaan Perawat Terjadi di Palembang 

PPNI dukung korban melapor ken Polrestabes Palembang

Palembang, IDN Times - Ketua DPW Persatuan Perawat Nasional Indonesia Sumatra Selatan (PPNI Sumsel), Subhan, mengungkapkan kekecewaannya karena kekerasan terhadap pegawai Rumah Sakit Swasta di Palembang berinisial CR. Menurutnya, kekerasan itu dinilai berlebihan kalaupun korban melakukan kesalahan kecil.

"Anggota kita dianiaya, dijambak, sampai dipukul. Kita tentu akan melindungi anggota kita, karena apa pun masalahnya tidak boleh dilakukan dengan kekerasan," ungkap dia, Jumat (16/4/2021).

1. PPNI akan konfirmasi kasus terlebih dahulu

PPNI Sumsel Sesalkan Penganiayaan Perawat Terjadi di Palembang Ilustrasi Penganiayaan (IDN Times/Mardya Shakti)

Subhan menjelaskan, pihaknya belum mengetahui duduk perkara yang mengakibatkan pemukulan terhadap korban. Pihaknya baru akan mendatangi korban dan rumah sakit untuk mengonfirmasi pemukulan.

"Apa pun itu kalau masalah ini bersumber dari kelalaian perawat, tentu harus diselesaikan baik-baik. Jangan dengan tindak kekerasan," ujar dia.

Baca Juga: Viral Perawat di Palembang Ditendang dan Dipukul Keluarga Pasien

2. PPNI akan periksa korban di Majelis Etik

PPNI Sumsel Sesalkan Penganiayaan Perawat Terjadi di Palembang Ilustrasi. (IDN Times/Sukma Shakti)

Berdasarkan informasi awal, diketahui jika korban sempat melepas infus hingga tangan anak terlapor terluka. Kondisi ini juga perlu diperiksa oleh tim investigasi yang dilakukan oleh PPNI Sumsel.

"Kita punya majelis kode etik keperawatan, nantinya yang bersangkutan tetap akan kita periksa, apakah melanggar kode etik," ujar dia.

3. PPNI dukung laporan korban ke Polrestabes Palembang

PPNI Sumsel Sesalkan Penganiayaan Perawat Terjadi di Palembang Ilustrasi Penjara (IDN Times/Mardya Shakti)

Sedangkan untuk tindak kekerasan terhadap korban, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kasus tersebut kepada Polrestabes Palembang.

"Ada pengaduan ke Polrestabes Palembang. Kita akan ikuti proses hukum selanjutnya. PPNI akan mengawasi dan membantu sampai masalah ini selesai," tutup dia.

Baca Juga: Heboh Trafo PLTG Bekas Asian Games di Palembang Meledak

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya