Comscore Tracker

Lagi Berkebun, Harimau Sebesar Sapi Serang Petani Kopi di Pagaralam 

Harimau menyerang korban di kebun kopi Desa Tebat Benawa

Pagaralam, IDN Times -Serangan harimau yang masuk ke perkebunan warga di Kota Pagaralam belum berhenti. Kali ini giliran Marta Rulani Bin Alfian (24), warga Desa Tebat Benawa, Kelurahan Penjalang, Kecamatan Dempo Selatan, Kota Pagaralam.

Marta mengalami luka robek di bagian pahan dan kaki, setelah mendapat serangan Harimau saat sedang bekerja di tengan kebun kopi miliknya sendiri. Kejadian itu terjadi sekitar pukul 09.15 WIB, Senin (2/12) pagi. 

Menurut keterangan saksi Herzani alisan Ican, kakak kandung dari korban Marta, awalnya korban yang sedang bekerja di kebun kopi miliknya, tiba-tiba berteriak meminta pertolongan. Teriakan itu didengar saksi Ican, yang saat itu sedang berada di pondok untuk menyiapkan makanan. Ican langsung mendatangi adiknya dan melihat Marta sedang di gigit harimau pada bagian paha.

"Melihat kejadian itu, saya mengambil tangga yang biasa dipakai untuk naik pohon kopi, lalu langsung didorongkan ke arah harimau itu," kata Ican. 

Usaha yang dilakukan Ican itu berhasil, sehingga sang harimau melepaskan korban dan lari ke arah hutan. Setelah harimau itu tidak ada, ican langsung membawa adiknya ke Rumah Sakit Besemah Kota Pagaralam.

1. Saksi melihat Harimau besar berwarna kuning loreng hitam

Lagi Berkebun, Harimau Sebesar Sapi Serang Petani Kopi di Pagaralam Jejak tapak kaki binatang buas yang diduga Harimau Sumatera, yang ditemukan warga di Kampung 4 kaki Gunung Dempo, Pagaralam, beberapa waktu lalu/IDN Times/Istimewa

Sementara, Kapolsek Dempo Selatan, Iptu Zaldi Jaya, membenarkan kejadian penyerangan tersebut dan korban sudah di bawa ke rumah sakit. Saat ditelusuri, korban mengalami serangan Harimau Sumatera.

"Korban ditolong kakaknya atas nama Herzani untuk mengusir harimau itu. Dari keterangan saksi, harimau itu sebesar sapi berwarna kuning loreng hitam," kata dia.

Baca Juga: Lagi,Warga Pagaralam Temukan Jejak Tapak Kaki Harimau di Rimba Candi

2. Korban mengalami luka cakar di bagian paha kanan, perut dan bokong

Lagi Berkebun, Harimau Sebesar Sapi Serang Petani Kopi di Pagaralam Ilustrasi Harimau (Joshua Lee/Unsplash)

Korban yang sejak pagi hari keluar untuk berkebun, dikagetkan oleh serangan dari bagian belakang. Saat itu korban tengah memberikan racun rumput di kebun kopi milik keluarga, di Desa Tebat Benawa, Kelurahan Penjalang, Kecamatan Dempo Selatan.

"Korban sudah dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani perawatan, dia mengalami luka cakar dibagian paha kanan, perut dan bokong akibat diserang harimau ketika sedang berada di kebun," jelas Zaldi.

Baca Juga: Hindari Serangan Harimau, Area Wisata Gunung Dempo Ditutup  

3. Korban masih sempat menyelamatkan diri naik ke atas pohon

Lagi Berkebun, Harimau Sebesar Sapi Serang Petani Kopi di Pagaralam Jejak tapak kaki binatang buas yang diduga Harimau Sumatera, yang ditemukan warga di Kampung 4 kaki Gunung Dempo, Pagaralam, beberapa waktu lalu/IDN Times/Istimewa

Zaldi melanjutkan, saat korban dalm posisi terluka akibat serangan harimau, langsung bangun dan melompat ke atas pohon untuk menyelamatkan diri. Kakak korban yang juga lagi berada di kebun, langsung mencoba mengusir harimau tersebut menggunakan kayu, hingga sang harimau pergi. 

"Korban masih dirawat, warga sudah diimbau untuk tidak pergi ke kebun dulu, sampai ada tim dari BKSDA melakukan evakuasi," tandas dia.

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Just For You