Dokter di Palembang Tertipu Beli Tiket Coldplay Belasan Juta Rupiah

Korban terperdaya testimoni jastip

Palembang, IDN Times - Ramainya antusias masyarakat membeli tiket band asal Inggris Coldplay memunculkan permasalahan. Banyak warga tertipu akun media sosial berkedok jasa titip (Jastip).

Di Palembang, seorang dokter salah satu rumah sakit swasta di Palembang bernama Nicho Saputra Nugraha, tertipu hingga Rp12,5 juta. Korban bersama kuasa hukumnya melaporkan kejadian penipuan tersebut ke Polda Sumsel.

"Korban mengalami kerugian hingga 12,5 juta karena melakukan pembelian lewat akun Instagram menawarkan jastip," ungkap kuasa hukum Febi Irianto, Sabtu (20/5/2023).

Baca Juga: Viral, Perwira TNI AD di Palembang Dilaporkan Aniaya Anak 11 Tahun

1. Korban tertipu testimoni bagus

Dokter di Palembang Tertipu Beli Tiket Coldplay Belasan Juta RupiahKuasa hukum Febi Irianto melaporkan kasus penipuan pembelian tiket Coldplay ke Polda Sumsel (Dok: istimewa)

Korban Nicho yang juga seorang influencer meminta kepada sang manager Nina untuk memesan dua tiket Coldplay dengan harga normal Rp5 juta. Nina lantas mencari jasa pembelian tiket di instagram @tixconcert.idn.

"Klien kami ini sebagai managernya disuruh untuk mencari akun jastip nonton konser untuk membeli tiket konser Coldplay dan menemukan akun Instagram ini," jelas dia.

Nina awalnya tak curiga dengan akun jastip tersebut. Akun tersebut tampak meyakinkan terlihat dari postingan dan testimoni yang dilihatnya.

"Setelah dilihat akun Instagram itu meyakinkan tidak mencurigakan dan juga ada testimoni di feed sehingga klien kami ini percaya yang melanjutkan komunikasi melalui WhatsApp," jelas dia.

2. Korban tidak validasi terlebih dahulu nomor pelaku

Dokter di Palembang Tertipu Beli Tiket Coldplay Belasan Juta RupiahKuasa hukum Febi Irianto melaporkan kasus penipuan pembelian tiket Coldplay ke Polda Sumsel (Dok: istimewa)

Setelah menjalin komunikasi di WhatsApp, Nina menanyakan soal harga tiket sekaligus mekanisme pembelian. Saat itu, korban Nicho yang awalnya membeli hanya satu tiket meminta kepada Nina untuk sekaligus membeli dua tiket lantaran takut kehabisan tiket.

"Awalnya klien kami membeli satu tiket seharga Rp6.250.000. Lalu tambah beli satu tiket lagi sehingga klien kami langsung memesan di tempat yang sama," jelas dia.

Febi menambahkan, jika kliennya tidak melakukan validasi nomor terduga pelaku terlebih dahulu. Karena sudah percaya dengan testimoni yang ada dirinya langsung memproses pembelian.

"klien kami memang tidak mengecek nomor WhatsApp tersebut, langsung melakukan transaksi pembayaran tiket," jelas dia.

3. Nomor WA dan akun Instagram pelaku hilang

Dokter di Palembang Tertipu Beli Tiket Coldplay Belasan Juta RupiahColdplay (instagram.com/coldplay)

Nina kaget setelah proses pembayaran untuk tiket kedua setelah melakukan transaksi nomor pelaku tidak dapat dihubungi. Tak sampai disana, akun instagram milik pelaku pun sudah berganti nama menjadi @tiketkuiniyahh.

"Klien kami menghubungi nomor WhatsApp tersebut dengan nomor handphone lain lagi-lagi tidak bisa dihubungi. Dari sinilah klien kami sadar telah tertipu. Apalagi akunnya sudah tidak ada," jelas dia.

Dari kejadian ini membuat Nina melaporkan akun Instagram tersebut ke Polda Sumsel dalam dugaan penipuan dengan modus menjual tiket konser Coldplay melalui akun Instagram.

"Kemarin sudah kami laporkan ke Polda Sumsel kami berharap pelaku segera ditangkap sehingga tidak ada korban lain lagi," tutup dia.

Baca Juga: Polda Sumsel Limpahkan Berkas Perkara Penistaan Agama Lina Mukherjee

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya