Catat! Masuk Wilayah Sumsel Periode Nataru Diperiksa Kondisi Kesehatan

Polda Sumsel mulai patroli besok

Palembang, IDN Times - Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Selatan, Lesty Nuraini, mengatakan, pihaknya menyiapkan tim bertugas di lokasi atau akses menuju pintu masuk ke Bumi Sriwijaya. Tujuannya, mengantisipasi sebaran virus COVID-19 pada periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) tidak meningkat.

"Seluruh pendatang akan dilakukan screening kondisi kesehatannya. Mulai dari pengecekan suhu tubuh dan lainnya. Sehingga, mereka yang melakukan perjalanan benar-benar dalam kondisi sehat," ujarnya, Sabtu (19/12/2020).

1. Tempat wisata jadi prioritas penjagaan

Catat! Masuk Wilayah Sumsel Periode Nataru Diperiksa Kondisi KesehatanIlustrasi pemeriksaan suhu tubuh (IDN Times/Rangga Erfizal)

Lesty mengatakan, penjagaan juga dilakukan di tempat-tempat wisata yang ramai pengunjung. Bersama tim gabungan dari lintas instansi, pihaknya akan memastikan penerapan protokol kesehatan dapat terjaga.

"Kami mengimbau kepada masyarakat kalau memang kurang sehat, lebih baik tidak usah berlibur ke luar kota. Tetap di rumah saja. Kalaupun ingin berwisata, tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan," jelasnya.

2. Faskes di jalur perlintasan diminta tetap beroperasi

Catat! Masuk Wilayah Sumsel Periode Nataru Diperiksa Kondisi KesehatanIlustrasi rapid test (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Lesty pun mengeluarkan instruksi kepada fasilitas kesehatan (faskes) yang ada di jalur perlintasan, untuk tetap beroperasi. Petugas kesehatan nantinya akan melekat di posko Operasi Lilin 2020 yang dibentuk bersama instansi terkait.

"Puskesmas dan rumah sakit di jalur yang dilintasi pengendara lintas daerah juga kita minta untuk tetap beroperasi," jelas dia.

Baca Juga: Disdik Sumsel Usulkan 25 Ribu Guru di Sumsel Dapat Vaksin COVID-19

3. Sebanyak 726 personel gabungan disiagakan selama Nataru

Catat! Masuk Wilayah Sumsel Periode Nataru Diperiksa Kondisi KesehatanKapolda Sumsel, Irjen Pol Eko Indra Heri (IDN Times/Rangga Erfizal)

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Eko Indra Heri, mengatakan, saat pengamanan Nataru, pihaknya akan menyiagakan 726 personel akan memantau pergantian tahun di seluruh wilayah. Termasuk tempat keramaian wisata dan pintu masuk. Pihaknya akan menindak tegas bagi pelanggar protokol kesehatan sebab saat ini pandemik masih terjadi.

"Tentu akan ditindak tegas bagi masyarakat yang tidak nurut dengan imbauan kita," jelasnya.

4. Besok Polda dan Polres mulai lakukan patroli

Catat! Masuk Wilayah Sumsel Periode Nataru Diperiksa Kondisi KesehatanKawat berduri dipasang untuk memblokade jalan menuju Polda Sumsel (IDN Times/Rangga Erfizal)

Menurut Eko, saat ini pandemik terjadi di Bumi Sriwijaya semakin naik, usai Kota Palembang ditetapkan sebagai zona merah. Masyarakat diminta untuk tidak melakukan pergantian tahun dan diimbau tetap berada di rumah sehingga tidak terjadi kerumunan yang berbahaya bagi kesehatan. 

"Jangan sampai pandemik ini kembali merajalela, kami ingin masyarakat aman. Tanggal 20 Desember nanti, kami akan mulai melakukan patroli," tutup dia. 

Baca Juga: Larang Perayaan Natal-Tahun Baru, Kapolda Sumsel: Lakukan di Rumah 

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya