1 CJH Embarkasi Palembang Meninggal Dunia, Sempat Dirujuk ke RS

Ibadah haji almarhumah bakal diwakilkan oleh petugas haji

Palembang, IDN Times - Satu orang Calon Jemaah Haji (CJH) embarkasi Palembang meninggal dunia, Minggu (28/5/2023) dini hari pukul 00:15 WIB. CJH tersebut merupakan jemaah kloter 1 dari Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur atas nama Turiyah.

"Almarhumah berusia 71 tahun, sebelum meninggal sempat dirawat di RSUD Siti Fatimah Az-Zahra," ujar Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatra Selatan (Kanwil Kemenag Sumsel), Syafitri Irwan.

Baca Juga: 7 Ribu CJH Embarkasi Sumsel Masuk Asrama Mulai 26 Mei 2023

1. Sempat dirujuk ke rumah sakit setelah pemeriksaan di asrama haji

1 CJH Embarkasi Palembang Meninggal Dunia, Sempat Dirujuk ke RSIlustrasi jemaah haji (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Sebelum meninggal, Turiyah masuk asrama haji Palembang pada Jumat (26/5/2023). Saat pemeriksaan kesehatan, Tuiyah mengalami anemia dan gangguan kesehatan lainnya.

"Karena kondisinya kurang baik dan ada indikasi, almarhumah dirujuk ke rumah sakit," kata dia.

Baca Juga: CJH Embarkasi Sumsel Berangkat 27 Mei dari Bandara SMB II Palembang

2. Tim kesehatan haji telah berupaya maksimal

1 CJH Embarkasi Palembang Meninggal Dunia, Sempat Dirujuk ke RSIlustrasi jemaah haji Indonesia saat tiba di Tanah Air. (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Berdasarkan hasil pemeriksaan dari tim kesehatan haji, pihak tenaga kesehatan embarkasi Palembang sudah melakukan berbagai upaya dan usaha maksimal, demi memulihkam kondisi Turiyah.

"Saya secara pribadi dan mewakili pemerintah khususnya PPIH Embarkasi Palembang, menyampaikan turut berdukacita atas kepergian almarhumah," timpal Syafitri.

3. Turiyah menerima badal haji

1 CJH Embarkasi Palembang Meninggal Dunia, Sempat Dirujuk ke RSIlustrasi Jemaah haji. (dok. Angkasa Pura)

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh dari Kanwil Kemenag Sumsel, Armet Dachil menambahkan, almarhumah akan dibadalhajikan oleh petugas. Selain itu, ahli warisnya juga berhak mendapatkan asuransi.

"Pemerintah menyiapkan program badal haji di setiap operasional penyelenggaraan ibadah haji. Program ini menjadi bagian dari layanan yang disiapkan bagi jemaah yang memenuhi kriteria," kata dia.

4. Turiyah dimakamkan di OKU Timur

1 CJH Embarkasi Palembang Meninggal Dunia, Sempat Dirujuk ke RSIlustrasi Jemaah Haji 2023 (IDN Times/Sunariyah)

Secara regulasi, ada tiga kelompok jemaah yang bisa dibadalhajikan. Pertama, jemaah yang meninggal dunia di asrama haji embarkasi atau embarkasi antara, saat dalam perjalanan keberangkatan ke Arab Saudi atau sudah di Arab Saudi sebelum wukuf di Arafah.

"Kedua, jemaah yang sakit dan tidak dapat disafariwukufkan. Ketiga, jemaah yang mengalami gangguan jiwa. Almarhumah sendiri saat ini sudah dibawa ke Belitang, OKU Timur, dan akan dimakamkan di sana," jelasnya.

Baca Juga: Puluhan Jemaah Laporkan Agen Perjalanan Umrah karena Batal Berangkat

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya