TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Serius Garap Bensin Sawit, Muba Siap Operasikan Pabrik Tahun Depan

Peremajaan sawit rakyat dilakukan untuk tingkatkan produksi

Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex (IDN Times/istimewa)

Musi Banyuasin, IDN Times - Bupati Musi Banyuasin (Muba), Dodi Reza Alex, memastikan penguatan hilirisasi sawit rakyat demi meningkatkan perekonomian masyarakat. Rencananya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) akan mengoperasikan pabrik pengelolaan bensin sawit atau biofuel tahun 2021.

"Daerah kami dijadikan sebagai proyek strategis nasional (PSN), menjadikan wilayah penghasil biofuel, biokarbon, atau bioenergi. Kita perkuat hilir dan hulunya melalui hasil petani sawit yang sudah diremajakan," ungkap Dodi, Rabu (30/12/2020).

Baca Juga: Manfaatkan Tanaman Sawit, Muba Ingin Jadi Sentral Energi Terbarukan 

1. Pabrik akan beroperasi mengolah bahan bakar sawit

Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex (IDN Times/istimewa)

Sebagai langkah awal penguatan hilirisasi, hasil dari sawit rakyat akan diserap ke pabrik milik Pemkab. Sawit akan menghasilkan Industry Palm Oil (IPO) dan Crude Palm Oil (CPO). Dua bahan inilah yang akan dikirim sebagai bahan baku biodiesel.

"Hilirisasi sawit akan menghasilkan CPO dan IPO yang diambil langsung dari lahan milik petani yang diremajakan. Hasilnya akan menghasilkan value lebih tinggi," ujar dia.

Baca Juga: Program Biodiesel 100 Pemerintah Disebut Belum Pernah Libatkan Petani

2. Harus ada kesinambungan antara pemerintah dan daerah

Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex (IDN Times/istimewa)

Menurut Dodi, dirinya menginginkan kesinambungan antara pemerintah di hilir yang membangun pabrik, dengan peningkatan produktivitas di hulu melibatkan sawit masyarakat. Dirinya yakin kesinambungan tersebut akan tercipta peningkatan ekonomi lebih baik.

"Kita menginginkan hilirisasi berkelanjutan, di sinilah perlu kesinambungan agar tercipta kelembagaan atau korporasi lebih kuat," jelas dia.

Baca Juga: Muba Punya Pabrik Aspal Karet, Jalanan Sumsel Bakal Lebih Awet 

Berita Terkini Lainnya