TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tergiur Uang Gaib, Warga Palembang Ini Kehilangan Rp1,2 Miliar

Korban diimingi pelaku bisa menarik uang gaib Rp12 miliar

Ilustrasi uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Palembang, IDN Times - Busman Abu Umar (66), warga di Palembang tertipu karena iming-iming uang gaib sehingga harus kehilangan uang Rp1,2 miliar. Ia mengaku terpedaya modus Zainal Arifin Syukri (50), warga Jalan Prajurit Nasarudin, Kelurahan Kalidoni, Kecamatan Kalidoni, Palembang.

"Kejadian itu berlangsung pada Desember 2020 lalu. Korban semula diimingi pelaku Zainal jika dapat menarik uang gaib mencapai Rp12 miliar," ujar Kasat Reskrim Polrestabes Palembang, Kompol Tri Wahyudi, Minggu (26/9/2021).

Baca Juga: Seorang Pria di Palembang Cangkul Kepala Tetangga Hingga Tewas

1. Korban setor uang pertama senilai Rp10 juta

Ilustrasi penipuan (IDN Times/Arief Rahmat)

Kasus tersebut terkuak setelah Zainal ditangkap oleh Satreskrim Polrestabes Palembang. Ia dilaporkan atas kasus penipuan oleh korban. Berawal karena tergiur uang berjumlah fantastis, Busman mengikuti permintaan tersangka dengan menyetorkan uang pertama sebesar Rp10 juta.

"Awalnya untuk membeli sesajian ritual gaib. Setelah uang diberikan, berikutnya pelaku ini kembali memperdaya korban dengan meminta uang lagi untuk membeli sesajian sampai seterusnya," kata dia.

2. Polrestabes masih mencari apakah ada korban lain

Ilustrasi tersangka (IDN Times/Mardya Shakti)

Meski telah kehilangan uang Rp 1,2 miliar, ternyata uang gaib yang dijanjikan oleh Zainal tak kunjung didapatkan. Busman akhirnya melaporkan tersangka atas kasus penggelapan ke Polrestabes Palembang.

Tri mengungkapkan, mereka sudah mengamankan barang bukti berupa rekening koran berisi transfer dari korban ke pelaku. Pihaknya pun masih melakukan pengembangan apakah masih ada korban lain atau tidak.

"Untuk korban lain masih kita kembangkan. Sekarang pelaku masih kita periksa," timpalnya.

Baca Juga: Pasutri Penjual Kosmetik Ilegal di Palembang Terancam 15 Tahun Penjara

Berita Terkini Lainnya