TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Hamper Kue Basah Khas Palembang Laku Hingga Jabodetabek

Ada empat varian yang paling laris dibeli #MudikIDNTimes

Hamper Kue Basah Khas Palembang Laku Hingga Jabodetabek (IDN Times/Dok. Pribadi)

Palembang, IDN Times - Aktivitas berbagi menjelang lebaran masih menjadi tradisi masyarakat Tanah Air. Bahkan kini banyak warga yang sengaja memesan hamper atau hadiah untuk diberikan kepada orang-orang terdekat.

Selain pemberian hadiah berupa pakaian, momen berbagi hamper makanan seperti kue lebaran juga ramai hingga menjadi berkah bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Palembang.

"Pesanan mulai ramai sejak minggu kedua Ramadan. Bahkan kue tradisional, kue basah, dan kering khas Palembang, laku hingga Jabodetabek," ujar Pemilik Toko Kue Dapur Bunda Rayya Palembang, Yus Elisa, Jumat (29/4/2022).

Baca Juga: Sumsel Bikin Satgas Distribusi Minyak Goreng; Ketahuan Curang, Angkut!

1. Kue Engkak paling banyak laku terjual

Hamper Kue Basah Khas Palembang Laku Hingga Jabodetabek (IDN Times/Dok. Pribadi)

Menurut perempuan yang juga menjabat Ketua Asosiasi Pengusaha Kue Kuliner Sumatra Selatan (Aspenku Sumsel), ada empat varian kue khas Palembang yang selalu jadi favorit konsumen. Yakni kue maksuba, kojo, engkak, dan makjola.

"Ada yang sudah pesan sejak sebelum puasa. Paling banyak pesanan kue engkak atau kue lapis, karena rasanya yang manis tak terlalu legit, mungkin jadi banyak orang suka walaupun proses membuatnya lama karena 14 lapis," kata dia.

Baca Juga: Pedagang di Muba Ketahuan Jual Mi Basah Mengandung Formalin

2. Membuat kue basah minimal 8 loyang dalam sehari

Hamper Kue Basah Khas Palembang Laku Hingga Jabodetabek (IDN Times/Dok. Pribadi)

Yus berharap, hamper yang ia jual bisa membuat makanan tradisonal Bumi Sriwijaya makin dikenal luas tidak saja di Sumsel. Apalagi hamper kue lebaran khas Dapur Bunda Rayya Palembang dibuat lebih elegan, sehingga membuat tampilan hamper lebih berkelas.

"Dalam sehari minimal delapan loyang kue basah terjual. Konsumen bisa memesan isi hamper yang dicampur kue kering, jadi tergantung pesanan customer," timpalnya.

Khusus hamper kue basah khas Palembang, ketahanan makanan bisa awet sebulan di kulkas. Tetapi jika dilietakkan di suhu ruangan atau di luar tempat pendingin, hanya bertahan tiga hari.

3. Tahun depan berencana menjual hamper paket lengkap dengan jilbab dan pakaian

Hamper Kue Basah Khas Palembang Laku Hingga Jabodetabek (IDN Times/Dok. Pribadi)

Saat awal pandemik COVID-19, penjualan hamper justru meningkat. Sebab batasan tidak boleh bertemu orang banyak membuat konsumen gencar membeli paket makanan online untuk dikirim dan dibagikan kepada keluarga.

"Pandemik kemarin gak berpengaruh, tetap meningkat. Tahun ini juga naik. Kue lebaran setiap tahun malah meningkat. Tahun depan ada rencana buat hampers lengkap, tak cuma kue nanti ada baju dan jilbab," jelas dia.

Baca Juga: Viral Perempuan di Sumsel Pergoki Suaminya Anggota Polisi Bawa WIL

Berita Terkini Lainnya