TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Terapkan e-Katalog untuk UMKM, Sumbar Belajar ke Jatim  

Jawa Timur dinilai sukses terapkan e-Katalog

Ilustrasi UMKM. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Padang, IDN Times - Provinsi Jawa Timur menjadi rujukan Sumatra Barat untuk belajar menerapkan e-katalog guna memperluas pasar bagi UMKM di Ranah Minang agar seluruh OPD bisa berbelanja produk lokal sesuai dengan Aturan.

Menurut Wakil Gubernur Sumatra Barat, Audy Joinaldy, selama ini OPD di daerah kesulitan melakukan pengadaan barang dan jasa dari UMKM atau vendor lokal karena tidak masuk dalam e-katalog.

“Untuk itulah, kita carikan solusi agar bisa masuk e-katalog sehingga kemudian dapat diakses oleh Pemerintah. Pasarnya pun akan semakin luas,” kata Audy Joinaldy, Sabtu (6/11/2021).

Baca Juga: Sumbar Menjadi Pilot Project Pelayanan KUA Tingkat Nasional 

1. Jawa berhasil terapkan e-katalog

ANTARA FOTO/Moch Asim

Kenapa kemudian Jawa Timur yang menjadi rujukan? Menurut Audy Joinaldy, Jawa Timur lebih dulu menerapkan sistem ini dan berhasil. Maka dari itu, Sumatra Barat perlu belajar dari Jawa Timur. 

"Jawa Timur adalah daerah yang telah lebih dahulu dan berhasil melaksanakan system pengadaan langsung berbasis e commerce (marketplace). Kita perlu mempelajari seluruh keberhasilan itu agar bisa diterapkan di Sumbar," ujar Audy.

2. Jembatan umkm untuk akses apbd dan apbn

Ilustrasi uang (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Audy Joinaldy menambahkan, saat ini UMKM merupakan fokus dan prioritas di Sumatra Barat diharapkan bisa terealisasi secepat mungkin. 

Nah, dengan dioptimalkannya keberadaan e-katalog lokal dan marketplace, tentu saja akan menjadi jembatan bagi UMKM lokal Sumbar untuk bisa mengakses dana APBD ataupun APBN di Sumatera Barat.

“Langkah tersebut tidaklah semudah membalikkan telapak tangan karena diperlukan kesamaan visi dan langkah antara kebijakan dengan operator pengelola pengadaan serta vendor-vendor dari UMKM-nya. Tapi kita optimis itu bisa,” kata Audy.

Baca Juga: Epidemiolog Sulit Pastikan Varian Delta Dominasi Kasus COVID-19 Sumbar

Berita Terkini Lainnya