Survei Menyebut Prabowo Subianto Favorit di Ranah Minang 

Rekam jejak ayah Prabowo di Sumbar membantu popularitas

Padang, IDN Times - Elektabilitas Calon Presiden (Capres), Prabowo Subianto, kian kokoh di Ranah Minang. Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) itu, unggul telak atas dua rivalnya Anies Rasyid Baswedan dan Ganjar Prabowo. Pun dengan Gerindra juga masih mendominasi jika dibandingkan dengan partai politik lain di tanah Minang.

Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei peta elektoral partai dan calon Presiden khusus untuk wilayah Sumatra Barat (Sumbar). Menurut Direktur Eksekutif Indikator, Burhanuddin Muhtadi, Sumbar salah satu provinsi yang memperoleh perhatian publik dalam setiap pelaksanaan pemilu di Indonesia. Hasil survei itu disampaikan ke publik, Kamis (4/8/2023).

Dalam lima kali gelaran pemilu kata Muhtadi, sepanjang era reformasi tercatat belum pernah ada satu partai pun yang mampu memenangkan pemilu dua kali secara beruntun di provinsi tersebut. Kemudian dalam konteks pemilihan Presiden, Sumbar menjadi lumbung suara bagi Prabowo Subianto.

"Dalam dua pemilihan Presiden terakhir, Prabowo Subianto selalu berhasil meraih keunggulan elektoral dengan raihan suara mutlak di Sumbar. Untuk mengetahui apakah catatan keunggulan di dua Pilpres terdahulu akan dapat kembali diraih oleh Prabowo Subianto di 2024 atau sebaliknya, maka peta elektoral terkini di Sumbar penting untuk diangkat ke permukaan," kata Muhtadi.

Baca Juga: Silaturahmi dengan Relawan Prabowo, Projo Yakin Jokowi Dukung Prabowo

1. Gunakan metode multistage random sampling

Survei Menyebut Prabowo Subianto Favorit di Ranah Minang Tabel hasil rilis Indikator. Doc. IDN Times

Dijelaskan Muhtadi, penarikan sampel dalam melaksanakan survei ini menggunakan metode multistage random sampling. Yakni, cara pengambilan sampel dengan menggunakan kombinasi dari dua atau lebih metode pengambilan sampel yang berbeda.

Dengan asumsi kata Muhtadi, metode simple random sampling ukuran sampel basis 810 responden memiliki toleransi kesalahan alias margin of error sekitar 3.5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen pada masing-masing daerah pemilihan (dapil), dan sekitar 2.7 persen pada tingkat Provinsi.

"Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia di Sumbar yang punya hak pilih dalam pemilihan umum. Yakni, mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan," ujar Muhtadi.

 

Baca Juga: Laskar Prabowo 08 Deklarasi Dukung Prabowo Capres 2024

2. Sebanyak 42.8 persen suara untuk Prabowo Subianto

Survei Menyebut Prabowo Subianto Favorit di Ranah Minang Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (tengah) saat Pilpres 2019. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Muhtadi melanjutkan, dari 12 nama Calon Presiden yang ditanyakan secara spontan kepada responden dengan pertanyaan apabila pemilihan Presiden diadakan sekarang ini, siapa yang akan dipilih, 42.8 persen menjawab Prabowo Subianto. Angka ini jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan Anies Baswedan dengan perolehan 34.6 persen dan, Ganjar Pranowo yang hanya 3.9 persen.

"Dari survei dengan pertanyaan ini, juga ada 17.5 persen belum menjawab,"ujar Muhtadi.

Dia bilang, elektoral Prabowo Subianto di Sumbar naik tajam dari sebelumnya pada Januari 2023 hanya memperoleh 24.8 persen, kini sudah menjadi 42.8 persen. Lain hal dengan Anies Baswedan yang turun dari 37.0 pada bulan Januari kini menjadi 34.6 persen. Sementara Ganjar, pada Januari sempat menyentuh angka 4.9 persen juga mengalami penurunan menjadi 3.9 persen.

"Pada simulasi tiga nama, Prabowo masih unggul 48 persen atas Anies yang hanya 39.5 persen dan Ganjar, 6.2 persen. Pun dengan simulasi dua nama alias head to head, Prabowo tetap unggul dengan perolehan suara 49.2 persen. Dia unggul atas Anies yang meraup suara 42.3 persen,"ujar Muhtadi.

Dengan melihat hasil survei itu kata Muhtadi, Prabowo Subianto saat ini unggul dibandingkan nama-nama lain dalam berbagai simulasi. Dibandingkan dengan hasil survei Januari 2023 lalu, dukungan pada Prabowo Subianto mengalami peningkatan hingga melampaui perolehan suara Anies Baswedan yang semula terbanyak didukung di Sumbar.

3. Rekam jejak sang ayah Prabowo di Tanah Minang

Survei Menyebut Prabowo Subianto Favorit di Ranah Minang ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Peneliti sejarah Sumbar, Maiza Elvira beberapa waktu lalu menyebutkan, selain faktor ketokohan, unggulnya Prabowo Subianto di Sumbar juga tidak terlepas dari historis rekam jejak sang ayahnya yakni Soemitro Djojohadikusumo.

Di panggung sejarah, masyarakat Sumbar memiliki keterikatan dengan ayah Prabowo Subianto sebagai tokoh yang mendukung perlawanan masyarakat dalam aksi protes dan tuntutan penerapan otonomi daerah, atau yang dikenal dengan PRRI pada 1957.

Soemitro menurut Maiza Elvira, menjadi salah satu orang yang menggagas Negara Minangkabau di tahun-tahun terjadinya perang tersebut, meski kemudian tidak terlealisasi.

Bersama-sama dengan Bung Hatta, Soemitro memberikan dukungan penuh terhadap perjuangan masyarakat Sumbar yang menuntut pemerintah pusat ketika dipimpin oleh Soekarno untuk menepati janji sistem otonomi daerah.

“Penciutan divisi di beberapa wilayah luar Jawa di tubuh angkatan darat juga menjadi salah satu penyebab perang ini terjadi. Dukungan Soemitro kala itu penuh. Naka Soemitro sangat membekas di hati masyarakat Sumbar,”kata Maiza Elvira.

Namun demikian kata Maiza, Prabowo bukanlah harga mati bagi masyarakat Sumbar. Pilihan hati masyarakat di Ranah Minang bisa saja beralih apabila Prabowo maju kembali bertarung dengan tokoh lain yang dianggap memiliki sifat ketokohan yang sesuai dimata masyarakat Sumbar.

“Barangkali kalau muncul calon-calon seperti Anis Baswedan, masyarakat Sumbar akan berpaling pada Anis. Karena tidak sedikit yang mengidolakan Anis Baswedan di Sumbar," ungkapnya.

Baca Juga: Prabowo dan Ganjar Dekat dengan Jokowi, Anies: Saya Warga Biasa

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya