Harga Cabai Merah dan Ayam di Padang Panjang Terendah Sejak Awal 2023

Cabai merah mencatatkan penurunan hingga Rp26.500 per kilo

Padang Panjang, IDN Times - Kepala Bagian Perekonomian dan Sumberdaya Alam Setdako Padang Panjang, Putra Dewangga, menyebut Indeks Perkembangan Harga (IPH) pada pekan pertama Mei 2023 mengalami penurunan. Meski tak signifikan, penurunan itu disebut terendah sejak Januari 2023.

"Meskipun demikian, tidak ada kenaikan dan penurunan yang terlalu signifikan," kata Putra Dewangga, Selasa (9/5/2023).

Baca Juga: Kakek Usia 73 Tahun Hidup Sebatang Kara di Rumah Penuh Sampah

1. Gara-gara cabai merah dan ayam ras

Harga Cabai Merah dan Ayam di Padang Panjang Terendah Sejak Awal 2023Cabai merah yang dijual di pasar tradisional. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Putra Dewangga bilang, cabai merah dan daging ayam ras menjadi dua komoditi utama yang berkontribusi besar terhadap penurunan harga dari total 14 komoditi yang memiliki pengaruh,.

"Pekan pertama Mei ini diwarnai dengan penurunan harga 14 komoditas dan kenaikan harga enam komoditas. Cabai merah dan daging ayam ras menjadi komoditi utama yang berkontribusi terhadap penurunan harga sembako," ujar Putra.

Komoditi strategis yang mengalami penurunan harga, di antaranya, daging segar, minyak goreng curah, telur ayam, daging ayam broiler. Cabai merah kembali mencatatkan rekor turun hingga Rp26.500 per kilogram.

Baca Juga: Ambulans Terbang Hantam Tiang, Pasien Lansia Meninggal Dunia

2. Inflasi April 2023 sebesar 4,33 persen

Harga Cabai Merah dan Ayam di Padang Panjang Terendah Sejak Awal 2023Ilustrasi Inflasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Putra menambahkan, sesuai dengan yang disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian sebelumnya, inflasi atau kenaikan sejumlah barang pada April dengan perbandingan tahun ke tahun alias year of year (yoy) berada pada angka 4,33 persen.

Inflasi yang terjadi di Sumatra Barat (Sumbar) sendiri berada pada angka 5,24 persen (yoy), atau tertinggi ke-6 di Indonesia.

3. Pertahankan ketersediaan pangan

Harga Cabai Merah dan Ayam di Padang Panjang Terendah Sejak Awal 2023Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian ketika rapat kerja dengan komisi I DPD pada 2019 lalu. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Menurut Putra Dewangga, rakor yang turut diikuti Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM bersama beberapa instansi terkait di Ruang VIP Balai Kota itu, Menteri Tito berharap bisa mempertahankan ketersediaan pangan. Pemda diminta terus melakukan monitoring, evaluasi dan intervensi, serta kerja sama di daerah masing-masing.

"Alhamdulillah inflasi relatif terkendali dan menurun. Jangan berpuas diri. Kuncinya adalah kontrol transportasi yang berpengaruh terhadap kenaikan harga bahan pokok," tutupnya.

Baca Juga: Ternyata Ini Penyebab Suhu di Palembang Panas dan Menyengat

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya