Wali Kota Palembang Harnojoyo Imbau Hal Ini ke Pemudik

Ada 9 titik rawan kemacetan yang dipetakan di Palembang

Palembang, IDN Times - Wali Kota Palembang Harnojoyo meminta masyarakat melintas, meninggalkan ataupun akan menuju Palembang untuk berhati-hati dalam perjalanan. Menurutnya, rata-rata kecelakaan berasal dari kelalaian pengemudi.

Untuk itu, para pengemudi tidak terlalu memaksakan perjalanan jika sedang lelah. "Kami berharap juga pemudik yang melintasi Palembang dapat mampirlah terlebih dahulu ke pos terpadu jika merasakan capek untuk istirahat dan juga yang ingin bermalam," jelasnya Harnojoyo saat meninjau posko lebaran, Sabtu (30/4/2022).

Baca Juga: Puncak Arus Mudik di Palembang, Tol Terpantau Ramai Lancar

1. Pemudik bisa vaksinasi booster di posko mudik

Wali Kota Palembang Harnojoyo Imbau Hal Ini ke PemudikPintu tol Keramasan Palembang (IDN Times/istimewa)

Harnojoyo menjelaskan, pihaknya tak hanya menyediakan posko mudik untuk tempat istirahat semata, melainkan juga gerai vaksinasi. Sehingga masyarakat belum sempat vaksinasi dapat segera menerima booster.

Apalagi, syarat mudik lebaran adalah pelaku perjalanan sudah vaksinasi booster atau minimal vaksinasi ke dua.

"Ini untuk meyakinkan kita semua baik, tak hanya pemudik itu sendiri tetapi keluarga juga di daerah tujuan. Sehingga imunitas pasca-mudik tetap terjaga dan laju COVID-19 bisa dijaga," jelas dia. 

2. Ada 9 titik fokus rawan kemacetan di Palembang

Wali Kota Palembang Harnojoyo Imbau Hal Ini ke PemudikIlustrasi Bersalaman Lebaran (IDN Times/Sukma Shakti)

Harnojoyo mengatakan, ada 19 titik posko terpadu yang ditempatkan dititik-titik strategis Palembang. Menurutnya, semua pihak saat ini bertanggungjawab atas kondusifitas dan keamanan kota Palembang.

"Kami memberikan rasa aman bagi pemudik yang memasuki Palembang dengan dipantau oleh kamera CCTV di masing-masing posko dengan fokus 9 titik yang rawan kemacetan," jelas dia.

3. Harnojoyo minta polisi cekatan atasi kemacetan

Wali Kota Palembang Harnojoyo Imbau Hal Ini ke PemudikIlustrasi kemacetan lalu lintas. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Hingga hari ini, arus mudik H-2 di Bumi Sriwijaya terpantau lancar. Harnojoyo berharap selama puncak arus mudik hingga arus balik mudik akan terus seperti itu.

"Namun jika nantinya ada potensi kemacetan akan jajaran Polrestabes akan mengambil startegi rekayasa lalu lintas agar tidak terlalu lama para pemudik terjebak macet," kata dia.

Baca Juga: 4 Bulan Warga Lampung Disiksa Pasangan Kumpul Kebo di Palembang

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya