Comscore Tracker

Renovasi Sudah 60 Persen, Style Baru Gelora Sriwijaya Makin Kece!

Rumput GSJ pakai jenis Zaysio Matrela

Palembang, IDN Times - Renovasi stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Palembang terus dilakukan jelang Piala Dunia U-20 di Palembang pada Mei 2021 mendatang. Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Pemukiman (PU Perkim) Sumsel, menargetkan renovasi dapat tuntas Desember 2020 mendatang.

"Pekerjaan perbaikan kita lakukan seperti di ruang ganti atlet, ruang wasit, lobi utama stadion, lalu pengadaan kursi desk, pengecatan kursi penonton bewarna merah dan putih, perbaikan atap, serta rangka stadion," ungkap Kepala Dinas PU Perkim Sumsel, Basyaruddin Akhmad, Kepada IDN Times, Jumat (27/11/2020).

1. Renovasi Stadion Gelora Sriwijaya sudah 60 persen

Renovasi Sudah 60 Persen, Style Baru Gelora Sriwijaya Makin Kece!Renovasi tiang gedung GSJ Palembang (IDN Times/PU Perkim Sumsel)

Basyar menuturkan, secara keseluruhan renovasi stadion GSJ sudah mencapai 60 persen. Pembenahan lain juga dilakukan dalam perbaikan fasilitas stadion dengan pemasangan pembatas dinding stadion dengan total panjang satu kilometer, pengecoran lintasan atletik, tribun media, tribun VIP, dan bench pemain. Lalu pemasangan penanda tribun.

"Semua progres masih berjalan termasuk memesan rumput sintetis di belakang gawang. Lalu lintasan atletik yang akan dipasang artificial rubber (karet merah). Nantinya juga lampu stadion utama akan seperti di stasiun LRT," ujar dia.

Baca Juga: Gelora Sriwijaya Disebut Jadi Stadion Terbaik Jelang Piala Dunia U20 

2. Rumput GSJ sudah sesuai standar FIFA berjenis Zaysio Matrela

Renovasi Sudah 60 Persen, Style Baru Gelora Sriwijaya Makin Kece!Pemotongan rumput stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (IDN Times/Rangga Erfizal)

Untuk rumput stadion, markas tim Sriwijaya FC tersebut juga telah dipoles sejak bulan Agustus 2020 lalu hingga 95 persen. Basyar menilai, kualitasnya sudah sesuai standar Federation Internationale de Football Association (FIFA).

Saat ini pihaknya tinggal melakukan perawatan terhadap rumput jenis Zoysia Matrela agar siap digunakan untuk perhelatan sepak bola antar negara.

"Tidak ada masalah untuk rumput, apa lagi sekarang musim hujan sehingga makin menambah bagus rumput," jelas dia.

Baca Juga: Piala Dunia U20, Bangku Stadion Gelora Sriwijaya Dikurangi 40 Persen  

3. PSSI dan FIFA akan uji coba GSJ

Renovasi Sudah 60 Persen, Style Baru Gelora Sriwijaya Makin Kece!Renovasi stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang (IDN Times/Pu Perkim Sumsel)

Stadion dengan kapasitas 23.000 tempat duduk itu juga nantinya akan langsung dicek kembali oleh induk sepak bola Indonesia, PSSI. Sebelumnya, PSSI sudah datang ke Palembang pada Agustus lalu dan memberi 16 rekomendasi pembenahan stadion.

"Kalau sudah renovasi nanti PSSI akan uji pantul dan luncur, setelah itu baru ada perwakilan dari FIFA datang mengecek," jelas dia.

Sedangkan untuk stadion Bumi Sriwijaya yang juga direnovasi dengan APBD Sumsel senilai Rp30 miliar, dipersiapkan sebagai stadion pendukung.

"Rumput stadion Bumi Sriwijaya untuk latihan sudah diganti semua. Butuh waktu tiga bulan untuk seperti Jakabaring," jelas dia.

4. Lapangan tambahan selesai dua bulan jelang Kick Off

Renovasi Sudah 60 Persen, Style Baru Gelora Sriwijaya Makin Kece!Ruang ganti atlet di GSJ (IDN Times/PU Perkim)

Sedangkan untuk renovasi tiga lapangan tambahan di komplek Jakabaring Sport City (JSC), Kementerian PUPR menargetkan selesai Maret 2021 atau dua bulan sebelum kick off dimulai.

Ketiga lapangan tersebut adalah venue panahan, atletik dan baseball. Rumput lapangan untuk latihan tersebut akan diperbaiki dan penambahan ruang ganti atlet.

"Lapangan latihan sudah dipasang rumput, pembangunan drainase. Venue ini bukan untuk sepak bola, sebelumnya perlu penyesuaian dengan membuat lapangan baru. Dilakukan pergantian rumputnya, pembangunan ruang ganti atlet, Lampu malam untuk latihan masing-masing 800 Lux," tutup dia.

Baca Juga: Jelang Kunjungan FIFA, Renovasi Gelora Sriwijaya Baru 75 Persen

Topic:

  • Rangga Erfizal
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya