Comscore Tracker

Piala Dunia U20 Ditunda, Begini Nasib Renovasi Gelora Sriwijaya

Akan stadion tetap terawat hingga 2023 nanti?

Palembang, IDN Times - Induk sepak bola dunia atau FIFA menunda pelaksanaan Piala Dunia U-20 di Indonesia tahun depan. FIFA pun memundurkan jadwal hingga 2023 mendatang.

Padahal berbagai persiapan telah dilakukan, seperti renovasi Stadion Gelora Sriwijaya di Jakabaring Sport City (JSC). Stadion kebanggan Wong Palembang itu menjadi satu di antara calon venue pertandingan. Lantas, bagaimana kelanjutan renovasi stadion?

"Renovasi yang tengah berjalan tetap akan dirampungkan, meski Piala Dunia U-20 batal diadakan di 2021," ungkap Kepala Dinas PU Perkim Sumsel, Basyaruddin Ahmad kepada IDN Times, Jumat (25/12/2020).

1. Pemeliharaan stadion tetap dilakukan meski gelaran piala dunia batal

Piala Dunia U20 Ditunda, Begini Nasib Renovasi Gelora SriwijayaKondisi terkini Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang (IDN Times/PU Perkim)

Pemerintah Provinsi Sumsel mengalokasikan Rp30 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk proses renovasi dua stadion, yakni Gelora Sriwijaya dan stadion pendukung Bumi Sriwijaya.

Menurut Basyar, pihaknya tidak terdampak penundaan kegiatan. Proses renovasi yang selesai akan terus dilanjutkan dengan pemeliharaan, agar kondisi stadion tidak banyak berubah hingga 2023 nanti.

"Pemeliharaan terhadap seluruh fasilitas dan sarana prasarana yang ada harus tetap dilakukan. Hal itu untuk tetap menjaga dan menjamin kualitas dan standar yang sudah ditetapkan FIFA," ujar dia.

Baca Juga: Renovasi Sudah 60 Persen, Style Baru Gelora Sriwijaya Makin Kece!

2. Lapangan latihan selesai Maret 2021

Piala Dunia U20 Ditunda, Begini Nasib Renovasi Gelora SriwijayaStadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) di JSC Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Belum lagi penambahan tiga stadion latihan yang direnovasi oleh Kementerian PUPR RI, yang turut disiapkan untuk menunjang pelaksanaan piala dunia. Ketiga lapangan tersebut adalah venue panahan, atletik dan baseball. Kualitas rumput lapangan untuk latihan tersebut akan diperbaiki,    termsuk penambahan ruang ganti atlet.

"Untuk lapangan latihan sesuai rencana tetap diselesaikan. Insya Allah, Maret sudah rampung, karena targetnya memang dua bulan sebelum kick off," ujar Basyaruddin.

3. Pemeliharaan rutin akan dilakukan untuk rumput stadion

Piala Dunia U20 Ditunda, Begini Nasib Renovasi Gelora SriwijayaStadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) di JSC Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Basyar menilai, pengelolaan stadion diperlukan upaya maksimal. Ia mengakui hal tersulit adalah merawat rumput stadion yang  memerluka pengawasan. Sedangkan fasilitas lain hanya perlu pemeliharaan secara rutin dan berkala.

"Rumput harus tetap dipelihara mulai dark pemupukan, penyiraman, pemotongan, dan penyemprotan rumput-rumput liarnya. Sementara pemeliharaan rutin akan tetap dilakukan terhadap semua fasilitas yang ada, agar stadion tetap dalam kondisi yang sesuai diharapkan," jelas dia.

Baca Juga: Sederet Catatan PSSI dan Kemenpora Usai Inspeksi Stadion GSJ Palembang

4. PU Perkim masih lakukan renovasi stadion di 2021

Piala Dunia U20 Ditunda, Begini Nasib Renovasi Gelora SriwijayaStadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) di JSC Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Berdasarkan item kegiatan 2020, pengerjaan fisik stadion mulai dari rumput, atap stadion, tempat duduk penonton, ruang ganti pemain, wasit, hingga lintasan atletik, mengalami perbaikan dan rampung di akhir tahun. Sedangkan untuk di tahun depan, pihaknya akan menambah lampu stadion untuk menunjang penerangan sesuai standar FIFA.

"Tahun depan rencananya ada kegiatan peningkatan kapasitas lampu dan turn stile gate," tutup dia.

Baca Juga: PSSI Hormati Keputusan FIFA Tunda Piala Dunia U-20 2021 

Topic:

  • Rangga Erfizal
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya