Comscore Tracker

Kapolda Sumsel Beberkan Kelanjutan Sumbangan Akidi Tio Sore Ini 

Direncanakan uang Rp2 T diumumkan hari ini

Palembang, IDN Times - Usai bungkam selama hampir satu pekan, Kapolda Sumsel, Irjen Pol Eko Indra Heri, akan mengumumkan kelanjutan dana hibah sebesar Rp2 triliun sore ini, Senin (2/8/2021).

Konferensi pers oleh Kapolda akan membeberkan apakah uang bantuan itu sudah ditransfer, atau hanya sebuah kebohongan. Selama ini banyak informasi yang berkembang di masyarakat. Banyak tokoh publik yang berspekulasi, mulai dari wawancara langsung hingga mengunggah narasi tentang sosok mendiang Akidi Tio ke media sosial (medsos).

1. Teka-teki Akidi coba diungkap Ketua MPR RI

Kapolda Sumsel Beberkan Kelanjutan Sumbangan Akidi Tio Sore Ini IDN Times/Marisa Safitri

Kegaduhan hibah dari keluarga Akidi Tio dianggap di luar nalar. Sebab, uang uang disumbangkan begitu besar. Menanggapi itu, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Bambang Soestayo, sempat mengunggah latar belakang mendiang Akidi Tio.

Menurut Bamsoet, Akidi Tio berasal dari keluarga Thong Ju peranakan Cina-Palembang. Keluarganya disebutnya sebagai orang kaya sejak zaman Soekarno, dan Akidi memiliki seorang paman yang menjabat Menteri Perdagangan Singapura.

"Akidi Tio pernah hidup di Palembang mulai usaha kecap, lalu punya pabrik kecap. Dia juga punya kelenteng di 10 Ulu dan beberapa tempat di Palembang. Dia yang punya PT Cipta Futura Sawit di Muara Enim," ungkap Bamsoet.

Baca Juga: Sosok Akidi Tio Dikenal Misterius, Ini Pengakuan Tetangganya

2. Sosok Akidi masih teka-teki

Kapolda Sumsel Beberkan Kelanjutan Sumbangan Akidi Tio Sore Ini IDN Times.Dini Suciatiningrum

Tak sampai di situ, perusahaan yang disebut Bamsoet ternyata adalah perusahaan sawit yang berada di Muara Enim dengan luas lahan mencapai 8.381 hektare (ha). Bamsoet juga mengungkap banyak usaha lain Akidi Tio seperti Tambang Batu Dolomit.

"Tambang batu Dolomit ini menjadi bahan baku dari pembuatan pupuk," jelas dia.

Baca Juga: Ternyata Akidi Tio Sudah Siapkan Uang Rp2 Triliun Sejak 12 Tahun Lalu

3. Dahlan Iskan mencari sosok Akidi Tio

Kapolda Sumsel Beberkan Kelanjutan Sumbangan Akidi Tio Sore Ini Polda Sumatera Selatan mendapat bantuan dana penanggulangan COVID-19 sebesar Rp2 triliun. Bantuan itu diberikan oleh keluarga almarhum Akidi Tio. (Dok. Humas Polri)

Demikian juga dengan Dahlan Iskan, mantan Menteri BUMN era Presiden SBY. Dirinya bertanya ke beberapa pesohor Tanah Air, termasuk mantan Gubernur Sumsel Alex Noerdin.

Namun tak satu pun yang mengenal nama Akidi Tio. Mendiang menjadi sosok pengusaha yang tidak memiliki catatan. Bahkan mesin pencarian Google saja tidak mengeluarkan jejak digital Akidi Tio terdahulu.

Sebelumnya, menantu Akidi Tio bernama Rudi Sutardi kepada IDN Times mengaku, sosok mertuanya merupakan orang yang tertutup soal bantuan yang diberikannya semasa hidup. Akidi sudah lama berwasiat jika uang miliknya akan disumbangkan ke masyarakat Palembang ketika situasi sedang sulit.

"Kami salurkan sebagai bentuk pertanggungjawaban anak-anak atas wasiat mendiang. Kami takut ini menjadi karma jika tidak disampaikan," tutup dia.

Baca Juga: Pakar Hukum Unsri Sebut Dana Hibah Pengusaha Akidi Tio Harus Lewat KPK

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya