Jakabaring Calon Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Ini Catatan FIFA

Erick sebut keputusan kembali ke FIFA soal penentuan akhir

Palembang, IDN Times - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengecek kesiapan stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Ketua PSSI Erick Tohir hadir bersama bersama Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali.

Erick Tohir mengaku tak ada keraguan GSJ sebagai salah satu vanue pertandingan tingkat dunia.

"Memang ada kekurangan minor yang harus ditambahkan. Saya rasa itu tidak masalah, karena gubernur (Pemprov Sumsel) dan Kementerian PUPR akan melakukan perbaikan," ungkap Erick Tohir di Palembang, Sabtu (11/3/2023).

 

Dapat Catatan FIFA Sebagai 

 

Baca Juga: Piala Dunia U-20 Sebentar Lagi, Erick Thohir akan Tinjau 6 Venue

1. Ini beberapa catatan FIFA untuk Sumsel

Jakabaring Calon Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Ini Catatan FIFAStadion Gelora Sriwijajaya Jakabaring (GSJ) Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Erick mencatat, sejauh ini sudah ada tiga lapangan latihan yang disiapkan di Komplek Jakabaring Palembang. Ketiga tempat latihan tersebut mendapat catatan FIFA terkait penambahan kain hitam untuk menutup lapangan ketika pemain tengah berlatih.

"Catatan FIFA lainnya menambah lampu dan ruang VIP di stadion. Pengerjaannya dibantu Kementerian PUPR (melakukan pengerjaan), serta mencopot bagian pagar di dekat ruang VIP," jelas dia.

2. Erick tunggu keputusan FIFA soal rencana pencoretan stadion

Jakabaring Calon Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Ini Catatan FIFAKetua PSSI Erick Tohir mengecek kesiapan Stadion GSJ (IDN Times/Rangga Erfizal)

Hingga sejauh ini progres GSJ telah mencapai 73 persen, Erick meyakini semua kesiapan akan selesai tak lama lagi jelang kick off Piala Dunia. Terkait langkah FIFA mencoret dua stadion yang menjadi tuan rumah, PSSI menilai pihaknya belum dapat memastikan hal tersebut.

"FIFA yang menentukan. Kalau laporan (progres pengerjaan) sudah kita lihat sendiri persiapan GSJ sudah bagus," jelas dia.

3. FIFA meninjau terakhir ke Indonesia akhir Maret nanti

Jakabaring Calon Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Ini Catatan FIFAStadion Gelora Sriwijajaya Jakabaring (GSJ) Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Erick pun menambahkan, langkah GSJ sebagai tuan rumah layak diapresiasi. Dia berharap hal ini dapat didukung juga oleh FIFA dalam menetapkan Sumsel sebagai salah satu tuan rumah dalam kunjungan terakhir nantinya pada 21-27 Maret 2023.

"Nanti Senin setelah pengecekan seluruh stadion, kita akan kirim surat ke FIFA soal tinjauan kita saat ini. Hal paling penting  FIFA datang tidak ada stadion yang dicoret. Disini kita memastikan pengerjaan sesuai standar FIFA," jelas dia.

4. LRT akan diplot untuk atlet

Jakabaring Calon Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Ini Catatan FIFAANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Gubernur Sumsel Herman Deru menilai sebagai tuan rumah kesiapan GSJ tidak perlu diragukan. Pihaknya menilai tidak banyak koreksi dari FIFA soal stadion, hanya saja memang perlu perbaikan sesuai keinginan FIFA.

"Termasuk soal LRT untuk menjadi transportasi atlet dari bandara merupakan ide bagus. Ini bisa menjadi endorse sehingga masyarakat bisa melihat, atlet hebat saja naik LRT," kata dia.

Baca Juga: Pemkot Palembang Wacanakan Tarik Kendaraan Dinas, ASN Beralih Naik LRT

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya