Comscore Tracker

Bantah Terima Duit Masjid, Alex Noerdin Ingin Kasusnya Cepat Selesai

Alex heran jumlah uang yang dituduhkan berbeda setiap sidang

Palembang, IDN Times - Mantan Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel), Alex Noerdin, kembali dicecar pertanyaan terkait potongan kertas tentang nama dan nominal yang diduga diberikan untuk dirinya.

Catatan dalam potongan kertas dikonfirmasi secara langsung ke Alex Noerdin oleh Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri (JPU Kejari), Roy Riyadi, saat sidang yang berlangsung di Pengadilan Tipikor Palembang, Kamis (19/5/2022).

"Kopelan itu diberikan oleh Syarifudin (terpidana) dan disimpan di kediaman Eddy Hermanto (terpidana). Bisa dijelaskan maksud kopelan itu?" tanya Roy. 

1. Alex bersumpah tak terima uang masjid

Bantah Terima Duit Masjid, Alex Noerdin Ingin Kasusnya Cepat SelesaiMantan Gubernur Sumsel Alex Noerdin (IDN Times/Rangga Erfizal)

Penyidik KPK berhasil menemukan potongan kertas saat menggeledah rumah mantan Ketua Panitia Pembangunan Masjid Sriwijaya. Penyidik menemukan dua potongan serupa namun berbeda nominal.

Potongan kertas pertama bertuliskan Sumsel 1 dengan nilai tanda terima Rp2,5 miliar. Lalu kertas kedua dengan tulisan sama namun yang berjumlah Rp2,3 miliar.

"Demi Allah, tidak ada satu sen pun saya terima uang dari Masjid Sriwijaya," jelas Alex.

Baca Juga: Viral Foto Alex Noerdin Sarungan Telanjang Dada di Dalam Rutan

2. Alex Heran jumlah nominal yang dituduhkan berbeda

Bantah Terima Duit Masjid, Alex Noerdin Ingin Kasusnya Cepat SelesaiMantan Gubernur Sumsel Alex Noerdin (IDN Times/Rangga Erfizal)

Alex mengatakan tuduhan jaksa tak mendasar. Dirinya menilai, jumlah nominal yang diberikan berbeda-beda setiap sidang. Ia mencontohkan saat menghadiri sidang terpidana Eddy Hermanto secara virtual, jaksa menyebut dirinya menerima Rp2,43 miliar.

Namun selanjutnya dalam sidang dakwaan disebut jumlah nominal yang disangkakan naik menjadi Rp4,34 miliar. Perbedaan nominal dalam satu kasus yang sama dinilai Alex disengaja dan menunjukkan bukti jika penyidik sengaja mencari-cari kesalahan.

"Saya ingin kasus ini cepat selesai, bisa-bisa nanti dakwaan saya naik lagi Rp10 miliar (menerima aliran dana)," beber dia.

Baca Juga: Wow, Korupsi Masjid Raya Sriwijaya Rugikan Negara Rp130 Miliar!

3. Alex mengaku tak pernah sewa heli

Bantah Terima Duit Masjid, Alex Noerdin Ingin Kasusnya Cepat SelesaiMantan Gubernur Sumsel Alex Noerdin (IDN Times/Rangga Erfizal)

Alex juga mempertanyakan kesaksian Ketua RT di tempat tinggalnya terpidana Eddy Hermanto yang turut hadir saat penggeledahan. Dalam kesaksiannya saat itu, tidak ada potongan kertas bertuliskan Sumsel 1.

"Ketua RT itu ikut dalam penggeledahan, bahkan juga tak mengetahui adanya kertas tersebut," beber dia.

Dalam dakwaan Alex juga disebut menggunakan uang Masjid Raya Sriwijaya untuk menyewa Helikopter. Hanya saja, hal itu dibantah langsung Alex. Ia mendapat pinjaman helikopter gratis.

"Jadi kami bisa pinjam pakai dari perusahaan besar di Sumsel," tutup dia.

Baca Juga: Dana Rp300 Juta Diduga untuk Bayar Sewa Helikopter Alex Noerdin

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya