Kisah Ibu Hamil Peserta CPNS; Bolak-balik Buang Air Kecil Sebelum Tes

Ia mengikut tes CPNS 2021 bersama sang suami

Palembang, IDN Times - Beragam aktivitas dilakukan peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 di The Sultan Convention Center, Minggu (12/9/2021). Sedari pagi di sesi pertama pukul 07.30 WIB hingga 13:40 WIB, sejumlah peserta mondar-mandir silih berganti.

Ada yang sibuk belajar membuka contoh soal CPNS, bergantian melakukan registrasi, hingga ada peserta yang gugup menunggu ujian. Seperti yang dilakukan seorang ibu hamil, Rina Purnamasari. Ia mendapat jalur khusus masuk ruang tes lebih cepat karena sedang berbadan dua.

"Deg-degan pasti, tapi paling terasa galau saat masuk ruang tes, takut gak bisa jawab soal. Karena gerogi sampai capai sendiri, bolak-balik buang air kecil sebelum tes," ujarnya, ketika ditemui IDN Times.

1. Peserta CPNS menunggu ujian dengan membawa bekal

Kisah Ibu Hamil Peserta CPNS; Bolak-balik Buang Air Kecil Sebelum TesIlustrasi Tes SKD CPNS di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Menurut perempuan 26 tahun ini, dirinya membuka bekal saat menunggu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) ujian CPNS. Sebab katanya, menunggu membuatnya lapar. Apalagi kata dia, peserta harus standby minimal satu jam sebelum jadwal ujian setiap sesi untuk registrasi.

"Sebelum registrasi kan menunggu, pernah jadwal siang tapi sudah di lokasi sejak pagi. Saya membawa makanan sendiri karena suka lapar," kata perempuan yang memilih instansi di Ogan Komering Ilir (OKI).

Rina selama ini bekerja sebagai tenaga kesehatan (nakes). Ia sudah mengikuti seleksi Computer Assisted Test (CAT) sebanyak tiga kali. Namun tahun ini ada yang berbeda saat menyiapkan mental dan kemampuan untuk ikut ujian SKD CPNS, karena Rina ditemani sang suami.

"Tahun ini Alhamdulillah saya hamil 8 bulan dan ditemani suami juga," ujarnya.

Baca Juga: Internet dan Jumlah Laptop Jadi Kendala Tes CPNS 2021 di Palembang

2. Memilih formasi CPNS di OKI bersama suami

Kisah Ibu Hamil Peserta CPNS; Bolak-balik Buang Air Kecil Sebelum TesSejumlah ibu hamil sedang menunggu masuk ruang ujian CPNS formasi 2021 (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Selain ditemani sang suami, Rina yang mengenakan kemeja putih, kerudung pasmina hitam, dan rok satin itu pun bercerita, suka duka mengikuti ujian seleksi CPNS merupakan perjuangan besar untuk keluarga. Karena tidak saja dirinya, suami Rina pun berusaha ikut tes CPNS.

"Suami saya juga ikut tes, jadwal kita berdua kebetulan bareng tapi sesinya beda. Kalau dia (suami) baru ikut sekali. Insya Allah doakan rezeki kami lulus," timpalnya.

Rina bercerita, ia dan suami sudah menunggu sejak pukul 7 pagi di lokasi. Walau dirinya tes di sesi kedua pukul 10.00 WIB dan sang suami di sesi terakhir setelah Zuhur, namun mereka harus bersiaga lebih cepat agar tidak terlambat registrasi.

"Kita sama-sama memilih di OKI. Saya biasa kerja jadi bidan di Rumah Sakit Kayu Agung, kalau suami saya bukan nakes, dia di perbantuan pemerintahan," kata dia.

3. Sempat ikut les untuk belajar kisi-kisi soal tes CPNS

Kisah Ibu Hamil Peserta CPNS; Bolak-balik Buang Air Kecil Sebelum TesSejumlah ibu hamil sedang mengantre masuk ruang ujian CPNS formasi 2021 (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sudah berkali-kali mengikut tes CPNS, Rina berharap tahun ini merupakan nasib baik bagi dirinya, suami, dan anak yang ia kandung. Rina yakin, usaha tak akan mengkhianati hasil. Apalagi dia telah menyiapkan diri sebelum menghadapi ujian seleksi dengan belajar giat dan sempat ikut les soal ASN.

"Di tempat saya di Kertapati itu ada yang buka les untuk belajar soal-soal. Jadi sama suami, kita semangat belajar bersama. Insya Allah kalau rezeki gak ke mana," ungkapnya.

Baca Juga: Serbaneka Peserta CPNS di OKI; Hamil Tua Hingga Diantar Orangtua

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya