7 Gedung Asrama Haji di Palembang Siap Tampung 3 Ribu Jemaah

Pengelola siapkan 40 kamar di setiap gedung

Palembang, IDN Times - Kloter keberangkatan Calon Jemaah Haji asal Sumatra Selatan (CJH Sumsel) berangsur-angsur menjalani keberangkatan ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji sejak akhir Mei 2022.

"Beberapa CJH dari Sumsel sudah ada yang menginap di sini sehari sebelum ke Mekkah. Gedung sudah siap setelah dua tahun tidak digunakan karena COVID-19," ujar Pengelola Asrama Haji Palembang, Ahmad Yani, Selasa (7/6/2022).

1. CJH embarkasi Sumsel menginap di asrama sebelum berangkat

7 Gedung Asrama Haji di Palembang Siap Tampung 3 Ribu JemaahIlustrasi rombongan jemaah haji. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Pengelola Asrama Haji Palembang memastikan CJH embarkasi Sumsel bakal beristirahat sebelum berangkat menunaikan ke Tanah Suci.

"Total sekitar 3.200 CJH yang akan menginap satu malam sebelum terbang," kata dia.

Baca Juga: 2 Orang CJH Embarkasi Padang Batal Berangkat ke Tanah Suci

2. CJH berangkat pada 24 Juni 2022

7 Gedung Asrama Haji di Palembang Siap Tampung 3 Ribu JemaahIlustrasi pengelola asrama haji menyemprotkan disinfektan di kamar CJH (Istimewa/Dok. Kemenag)

Pengelola menyediakan tujuh gedung untuk para jemaah menginap sebelum diterbangkan ke Arab Saudi. Berdasarkan data sementara yang diterima pengelola, CJH embarkasi Palembang terdiri dari CJH asal Sumsel dan Bangka Belitung yang berangkat pada 25 Juni 2022.

"Ada 40 kamar di setiap gedung dengan fasilitas yang nantinya bisa dimanfaatkan para jemaah haji, sehingga pada 24 Juni nanti akan masuk Asrama Haji," tambah dia

3. Sebelumnya Asrama Haji Palembang bisa menampung 8 ribu CJH

7 Gedung Asrama Haji di Palembang Siap Tampung 3 Ribu JemaahIlustrasi jemaah haji. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Kuota penerimaan CJH di Asrama Haji pada 2022 terjadi penyesuaian, mengingat ada pengurangan jemaah yang ditetapkan oleh Pemerintah Arab Saudi. Pada tahun sebelumnya, Asrama Haji bisa melayani sekitar 7.000 jemaah asal Sumsel dan 1.500 jemaah asal Babel.

"Jumlah jemaah dalam tiap kamar pun berkurang. Sebelumnya satu kamar empat orang, sekarang hanya dua orang," tandas dia.

Baca Juga: 1.447 Orang Warga Palembang Berangkat Haji Tahun 2022

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya