TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kebakaran Lahan di OI Menjalar ke TPA, 10 Hektar Sampah Hangus

Asap dari kebakaran TPA hingga terlihat di jalan lintas

(Kebakaran lahan di Ogan Ilir yang merembet ke TPA) IDN Times/istimewa

Ogan Ilir, IDN Times - Kebakaran lahan di Kabupaten Ogan Ilir (OI), Sumatra Selatan, mulai merambat ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Desa Pulau Negara, Kecamatan Pemulutan Barat, Senin (1/10/2023) lalu.

Sebagian area TPA terbesar di OI tersebut sudah hangus oleh api. Asap kebakaran TPA sangat pekat dan membumbung tinggi sehingga terlihat jelas dari Jalan Lintas Palembang-Indralaya.

Baca Juga: Gunungan Sampah TPA Sukawinatan Terbakar Lagi Dipicu Puntung Rokok

Baca Juga: Viral Selebgram Palembang Dukung Karhutla di Sumsel Minta Maaf

1. Api tertiup angin dan menyambar lahan kering

(Kebakaran lahan di Ogan Ilir yang merembet ke TPA) IDN Times/istimewa

Tim Satgas Karhutla yang terdiri dari TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni dibantu Damkar dan warga, berupaya keras memadamkan api. Namun tetap saja api merambat ke lahan gambut dan mineral yang berada di seputaran TPA.

Dandim 0402/OKI-OI, Letkol Inf Irsyad Mahdi Pane yang ikut memadamkan api mengatakan, kebakaran disebabkan tiupan angin dan menyambar lahan kering sehingga cepat membakar sampah.

"Ini sudah berbicara nasional bukan wilayah lagi. Informasi dari Satgas Karhutla, kebakaran di TPA tersebut merupakan kasus pertama tahun ini. Belum diketahui berapa luas TPA berikut lahan yang terbakar, karena Tim Satgas Karhutla masih fokus pada pemadaman," ujarnya, Rabu (3/10/2923).

2. Asap masih pekat meski api sudah padam

(Kebakaran lahan di Ogan Ilir yang merembet ke TPA) IDN Times/istimewa

Terkait mengenai faktor kebakaran yang disengaja, Irsyad belum dapat memastikannya karena penyebab kebakaran masih akan didalami oleh Tim Gakkum. 

"Akan diselidiki lebih lanjut oleh kepolisian. Situasi terkini di lokasi TPA terpantau tak ada lagi api berkobar namun tetap meninggalkan asap," bebernya.

Baca Juga: Asap Karhutla Sumsel Sampai ke Jambi Meski dalam Intensitas Kecil

Berita Terkini Lainnya