TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Babak Baru Kasus Tewasnya Anak Tertimpa Dinding Pembatas Masjid 

Polisi mengupayakan penyelesaian perkara di luar peradilan

Tangkapan layar rekaman cctv detik-detik pelajar di Padang tertimpa dinding beton pembatas saat berwudu. Doc. IDN Times

Padang, IDN Times - Kasat Reskrim Polresta Padang, Kompol Dedy Ardiansyah Putra, menyebut pihaknya mengupayakan proses diversi atau penyelesaian perkara pidana anak di luar peradilan kasus freestyle yang berujung tewasnya Gian Septiawan Ardani (8), bocah tertimpa dinding pembatas Masjid Raya Lubuk Minturun, Kecamatan Koto Tangah, beberapa waktu lalu.

"Yang kami lakukan, mengedepankan diversi," kata Dedy Ardiansyah Putra, Sabtu (23/9/2023).

Baca Juga: Buntut Bocah Tewas, Disdik Padang Larang Pelajar SMP Bawa Kendaraan

Baca Juga: Pelajar SMP Penabrak Dinding Masjid Tewaskan Bocah Diamankan

1. Terima informasi berdamai

nu.or.id

Menurut Dedy, pihaknya sudah menerima informasi terkait perdamaian antara keluarga korban dengan pelaku. Meski demikian, belum ada laporan resmi ke kepolisian. Sesuai aturan, proses hukum masih akan terus berlanjut mengingat perkara ini bukan delik aduan.

"Meski sudah berdamai, proses hukum terus berjalan. Nanti dalam proses perdamaian akan menjadi pertimbangan penyidikan untuk menentukan langkah lebih lanjut, apakah layak untuk perkara ini dihentikan melalui diversi atau tetap dilanjutkan,"ujar Dedy.

2. Kasus berlanjut jika tak ada titik temu

Ilustrasi palu hakim (IDN Times/Sukma Shakti)

Dedy bilang, pihaknya akan memaksimalkan diversi dalam menangani perkara ini mengingat status pelaku masih di bawah umur. Jika upaya perdamaian antara kedua belah pihak keluarga tidak menemukan titik terang, maka proses hukum peradilan anak tetap dilakukan.

"Karena anak-anak, amanah Undang-Undang (UU) kalau memang kedua belah pihak sudah punya etikat melakukan perdamaian, itu yang akan dikedepankan. Tapi jika perdamaian tidak kunjung mendapatkan titik temu maka proses hukum peradilan anak tetap dilakukan," terangnya.

Baca Juga: Xenia Gepeng Dihantam Babaranjang di Perlintasan KA Tanpa Palang

Berita Terkini Lainnya