Gubernur Sumsel Ikut Komentari Patung Soekarno Tembam yang Viral

DPRD Banyuasin minta bagian wajah segera diperbaiki

Palembang, IDN Times - Patung Presiden pertama Indonesia, Soekarno, masih hangat diperbincangkan karena Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin menganggarkan pembuatan tugu di kawasan Bung Karno Sport Center, Banyuasin, Sumatra Selatan (Sumsel).

Patung setinggi 10 meter itu dibangun menggunakan APBD senilai Rp500 juta. Namun dalam pengerjaannya, patung tersebut dinilai tidak mirip dan terkesan dibuat asal-asalan.

"Mirip tidak mirip itu tergantung sisinya memandang dari mana," ungkap Gubernur Sumsel, Herman Deru, Sabtu (23/9/2023).

Baca Juga: Patung Soekarno yang Viral di Banyuasin Ditutup Terpal

1. Herman Deru yakin masyarakat bisa menilai

Gubernur Sumsel Ikut Komentari Patung Soekarno Tembam yang ViralGubernur Sumsel, Herman Deru tahun 2019 (IDN Times/Rangga Erfizal)

Patung Soekarno tersebut dinilai terlalu gempal dan berbeda dengan pandangan orang terhadap sosok Soekarno. Namun Deru enggan berspekulasi. Dirinya memilih ikut perkataan netizen ketika melihat polemik tersebut.

"Tapi kalau banyak orang bilang tidak mirip, ya, itulah kesimpulan (berarti tidak mirip)," jelas dia.

Baca Juga: Tugu Soekarno di Banyuasin Disorot, Pipi Tembam dan Tak Proporsional

2. Realistis patung tidak dibongkar cukup diperbaiki

Gubernur Sumsel Ikut Komentari Patung Soekarno Tembam yang Viral(Patung Soekarno yang ditutup terpal di Banyuasin agar para pekerja fokus selesaikan pekerjaan) IDN Times/istimewa

Sejak jadi perbincangan publik, patung Soekarno sudah ditutup dengan terpal. Wakil Ketua DPRD Banyuasin, Sukardi mengatakan, pengerjaan patung Soekarno tetap dilanjutkan. Pihaknya meminta kepada kontraktor dan pekerja yang membangun patung itu agar memperbaiki bagian wajah yang dinilai berbeda dengan sosok Soekarno.

"Kalau mau dibongkar pasti tidak mungkin. Tetapi kalau patung Bung Karno gemuk dan tidak sesuai bisa diperbaiki, kurangi saja semennya dan dibuat semirip mungkin," ungkap politisi PDI Perjuangan tersebut.

3. DPRD Banyuasin beri catatan pembangunan patung Bung Karno

Gubernur Sumsel Ikut Komentari Patung Soekarno Tembam yang Viral(Patung Soekarno yang ditutup terpal di Banyuasin agar para pekerja fokus selesaikan pekerjaan) IDN Times/istimewa

Sukardi menambahkan, pihaknya berharap pembuat patung dapat membuat semirip mungkin dengan sosok Soekarno. Ia meminta pekerja lebih fokus membentuk bagian wajah tanpa harus membongkar total bangunan.

"Takutnya keluarga Bung Karno marah. Kami harapkan bisa diperbaiki dan tidak perlu dibongkar. Kami minta diperbaiki dan dibuat semirip mungkin," tutup dia.

Baca Juga: Polres OKU Telusur Warga Bunuh Diri karena DC Pinjol Adakami

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya