TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Belajar Masak Bakso Udang Satang, Aktivitas Baru di Akhir Pekan

Yuk coba untuk isi waktu luang!

Bakso udang satang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Belajar memasak dapat menjadi aktivitas mengisi waktu luang di akhir pekan. Membuat bakso udang satang khas perairan Sumatra, atau dikenal dengan bahasa Indonesia udang galah, bisa jadi referensi resep baru.

Hal pertama yang perlu disiapkan yakni bahan pokoknya, tentu saja udang satang dan daging sapi segar. Pilih bagian paha, karena untuk membuat tekstur lebih lembut dan kejal. Berikut cara mudah memasak bakso satang. 

Baca Juga: Resep dan Cara Buat Mi Goreng Petai, Kamu Harus Coba Kelezatannya

1. Haluskan daging sapi segar bersama es batu agar adonan bertekstur kejal

Bahan-bahan membuat bakso udang satang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Menurut pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) khusus kuliner di Palembang, Yuniarti, daging sapi yang telah disiapkan selanjutnya dihaluskan menggunakan alat food chopper untuk membalut udang satang yang selanjutnya direbus hingga matang.

"Resepnya biar adonan bakso kejal saat dihaluskan pakai chopper campurkan es batu sekitar lima menit hingga teksturnya seperti bubur," kata pemilik akun Instagram @pempek_cekhaya itu.

2. Penjualan udang satang meningkat hingga 70 persen

Bahan-bahan membuat bakso udang satang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Biasa menjual bakso udang satang beku per paket sebesar Rp65 ribu, Yuniarti menyarankan agar memisahkan bahan adonan dengan bumbu kuah kaldu. Dalam penyajiannya per satu kotak, ia menjual tiga bakso kecil, 1 bakso udang satang, bersama bumbu yang telah di-wrapping.

"Udang satang mudah ditemukan di Palembang. Alhamdulillah, sekarang ada peningkatan penjualan hingga 70 persen. Sehari bisa sampai 30 porsi ludes," tambah dia.

Baca Juga: 5 Tempat Mi Celor Populer di Palembang, Rasanya Khas Banget!

Berita Terkini Lainnya