Comscore Tracker

7 Lokasi Wisata Budaya di Banyuasin Wajib Dikunjungi, Liburan Seru! 

Banyuasin wilayah pesisir di Sumsel

Banyuasin, IDN Times - Bukan hanya wisata alam saja yang bisa kamu dapatkan di wilayah Banyuasin melainkan juga wisata budaya. Melakukan perjalanan wisata budaya di Banyuasin tentu akan menambah pengetahuan kamu, lho.

Berikut beberapa objek wisata budaya yang dapat dijumpai di daerah Banyuasin dan sekitarnya.

1. Desa Wisata Sungsang

7 Lokasi Wisata Budaya di Banyuasin Wajib Dikunjungi, Liburan Seru! Seorang nelayan di Desa Sungsang sedang menangkap ikan yang masuk kedalam jaring besarnya. (Instagram:bkbpapalembang)

Desa ini merupakan suatu tempat yang kebanyakan penduduknya bekerja sebagai nelayan. Jadi sudah tentu penduduknya bekerja menangkap ikan. Di desa inilah kamu bisa melihat aktivitas seluruh penduduk dengan budaya nelayan yang melekat dalam dirinya.

Seluruh kebudayaan yang tumbuh dan berkembang di tengah masyarakat juga bisa dilihat dengan lebih jelas jika berada di desa ini.

2. Agrowisata Buah Banyuasin

7 Lokasi Wisata Budaya di Banyuasin Wajib Dikunjungi, Liburan Seru! Agrowisata Banyuasin (IDN Times/istimewa)

Tempat untuk membudidayakan tumbuhan dan buah-buahan juga bisa ditemukan di Banyuasin tempatnya di agrowisata buah. Saat ini saja kebun agrowisata buah di daerah tersebut sedang panen melon sehingga buah melon saat ini bisa banyak dijumpai di Banyuasin.

Baca Juga: 5 Fakta dan Sejarah Banyuasin, Bukti Kemajuan Sumsel Awal 2000-an 

3. Taman Kota Pangkalan Balai

7 Lokasi Wisata Budaya di Banyuasin Wajib Dikunjungi, Liburan Seru! Taman Kota Pangkalan Balai (IDN Times/istimewa)

Taman Kota Pangkalan Balai sebenarnya juga bisa disebut sebagai taman alun-alun kota. Tentu saja taman ini sudah sangat familiar bagi masyarakat banyuasin karena tempat ini selalu dikunjungi oleh warga manapun.

4. Monumen Front Langkan

7 Lokasi Wisata Budaya di Banyuasin Wajib Dikunjungi, Liburan Seru! Monumen Front Langkan (IDN Times/istimewa)

Di Banyuasin rupanya juga terdapat Monumen Front Langkan yang menyerupai sebuah museum sehingga bisa menjadi tempat untuk mengetahui kisah sejarah. Di monumen inilah terdapat banyak cerita pahlawan sehingga siapa saja yang berkunjung ke tempat ini bisa sambal mengenang seluruh jasa para pahlawan yang telah gugur di medan perang demi mencapai kemerdekaan bagi negeri ini.

Tempat yang satu ini tentu sangat berguna untuk mengembangkan pendidikan dan kebudayaan warga.

5. Taman Nasional Sembilang

7 Lokasi Wisata Budaya di Banyuasin Wajib Dikunjungi, Liburan Seru! Taman Nasional Sembilang (IDN Times/istimewa)

Satu lagi tempat wisata yang juga terkenal di Banyuasin yaitu Taman Nasional Sembilang dengan pemandangan alamnya yang sangat indah bagi siapa saja yang berkunjung kesana. Di taman ini terdapat ekosistem hutan rawa air tawar dan hutan rawa gambut serta habitat beberapa hewan.

Jika berada di Taman Nasional Sembilang maka kamu bisa melihat keindahan alam yang mewakili keadaan di Banyuasin. Tidak hanya itu saja tetapi  juga bisa melihat secara lebih jelas mengenal jenis hewan yang sekiranya bisa dijumpai di kawasan Banyuasin dan sekitarnya. 

6. Bukit Pendape

7 Lokasi Wisata Budaya di Banyuasin Wajib Dikunjungi, Liburan Seru! Bukit Pendape (IDN Times/istimewa)

Masih ada lagi tempat wisata yang bukan hanya menunjukkan keindahan alamnya saja tetapi juga keindahan budaya di Banyuasin. Seperti misalnya Bukit Pendape yang merupakan bukit hutan dan memiliki pemandangan sangat indah.

Bisa dibilang bukit yang terdiri dari ekosistem hutan ini mencerminkan mata pencaharian penduduk Banyuasin yang umumnya berada di sekotor agraris kehutanan. Di tempat ini Anda juga bisa melihat seluruh hasil hutan yang selama ini juga dihasilkan oleh warga Banyuasin dalam rangka melangsungkan kegiatan ekonominya.

7. Kebun Sayur Supri

7 Lokasi Wisata Budaya di Banyuasin Wajib Dikunjungi, Liburan Seru! Kebun sayur Supri (IDN Times/istimewa)

Wisata budaya terakhir bisa lihat dan kunjungi adalah Kebun Sayur Supri yang juga bisa diemukan di wilayah Banyuasin. Dari namanya saja sudah bisa ditebak bahwa tempat ini didominasi dengan adnaya kebun yang penuh dengan sayuran.

Sudah pasti sayuran menjadi bagian hidup dari seluruh warga Banyuasin. Sebab sayuran sendiri merupakan bahan makanan sekaligus turut menjadi hasil pertanian bagi para warga Banyuasin.

Berkunjung ke Banyuasin pasti akan semakin lengkap jika Anda menyempatkan diri untuk melihat keindahan objek wisata budaya seperti di atas.

Baca Juga: 9 Kuliner Enak di Banyuasin Ini Wajib Dicoba

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya