TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kisah Alicia Atlet Catur Sumsel, Target Juara & Kuliah di Luar Negeri

Target jadi juara dan mendapatkan emas

Alicia Fitri Wahida, Atlet Catur Sumsel (IDN Times/Dokumen)

Palembang, IDN Times - Tertarik karena kakak, jawaban Alicia ketika ditanya alasan memilih catur sebagai olahraga favoritnya. Gadis kelahiran tahun 2000 ini berminat mendalami catur karena berbeda dengan cabang olahraga lain. Selain menguji otak, bermain catur menurutnya mampu mengatur emosi.

"Kenal catur pertama kali dari kakak, dia diajari sama orangtua saya. Waktu itu dia belajar catur dari kelas 1 SD dan saya masih kecil sering liat kakak. Dia juara dari hasil ikut lomba. Kemudian saya mulai tertarik belajar catur juga," ungkap perempuan bernama lengkap Alicia Fitri Wahida, Selasa (24/11/2020).

Baca Juga: Cari Atlet Potensial, Percasi-KONI Sumsel Jaring Pecatur Muda 

1. Aktif ikut lomba catur sejak di Akademi Catur Sumsel

Alicia Fitri Wahida, Atlet Catur Sumsel (IDN Times/Dokumen)

Meski tak seperti sang kakak yang bergelut dalam catur sejak masih kecil, namun Alicia optimis bisa meraih prestasi dari banyak kejuaraan olahraga asah otak tersebut. Seperti target menyabet juara pertama pada Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua pada 2021 mendatang.

"Saya ga kayak kakak dari kecil aktif ikut lomba catur, saya aktif saat Sumsel buka sekolah Akademi Catur. Saat itu saya angkatan pertama, di situ prestasi catur mulai meningkat. Waktu ikut lomba di Lampung juara 3 kegiatan," kata dia.

2. Alicia juga rutin jogging untuk menjaga kebugaran tubuh

Alicia Fitri Wahida, Atlet Catur Sumsel (IDN Times/Dokumen)

Walau fokus meraih prestasi lewat olahraga papan kotak-kotak itu, Alicia menyukai jogging untuk membuat tubuhnya tetap bugar. Dirinya rutin melakukan lari pagi hari bersama para atlet catur lainnya, atau olahraga berkeliling sembari lari kecil di sekitar rumah sendiri.

"Jogging bikin sehat, kalau catur keunggulannya karena olahraga ini kayak sekolah. Ibaratnya ya kita belajar, kalo lomba-lomba itu seperti kita lagi ulangan, kita harus ingat apa saja yang sudah dipelajari dan tema-tema apa saja yang ada," jelasnya.

Meski sangat menggemari catur, namun menurut Alicia terkadang dirinya juga merasa bosan. Salah satu inovasi yang ia lakukan ketika dirinya jenuh ialah meminta pelatih memberikan kuis untuk melatih otak, sekaligus menjadi inspirasi ide dalam merancang strategi.

Berita Terkini Lainnya