Cari Atlet Potensial, Percasi-KONI Sumsel Jaring Pecatur Muda 

Gelar turnamen Catur Kapolda Cup II Sumsel

Palembang, IDN Times - Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) dan KONI Sumatra Selatan (Sumsel), mencari atlet potensial dengan menjaring pecatur muda lewat turnamen Catur Kapolda CUP II di Kantor Dinas Pendidikan Kota Palembang, Jumat (6/11/2020).

"Ada 359 peserta dari pelajar dan 190 lagi tingkat Master dan Veteran. Setelah pertandingan sampai besok (7/10/2020), nanti kita kumpulkan juara dan dibina untuk mengikuti seleksi nasional," ujar perwakilan Percasi Sumsel, Cotri Juliana Jab, Jumat (6/11/2020).

1. Kompetisi catur difokuskan untuk pelajar

Cari Atlet Potensial, Percasi-KONI Sumsel Jaring Pecatur Muda Bendahara Percasi Sumsel Cotri juliana Jab (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Ia menjelaskan, Catur Kapolda Cup II Sumsel merupakan turnamen kedua setelah digelar pada tahun 2018. Turnamen dilaksanakan untuk mencari atlet potensial dari pelajar, meski kategori lain seperti master dan veteran turut diikutsertakan.

"Paling dominan Alhamdulillah memang dari pelajar tingkat SD, SMP dan SMA. Karena kita itu tujuannya menjaring atlet-atlet masa depan," kata dia.

Baca Juga: Tak Mau Ikuti Jejak Orangtua, 10 Anak Artis Ini Pilih Jadi Atlet

2. Peserta diikuti dari sejumlah daerah di Sumsel

Cari Atlet Potensial, Percasi-KONI Sumsel Jaring Pecatur Muda Turnamen catur kapolda cup II di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Cotri berharap kompetisi yang dilaksanakan secara rutin oleh Percasi Sumsel, bisa menghasilkan pecatur berprestasi. Menurutnya, catur merupakan olahraga rakyat dan tidak mahal, serta membantu kecerdasan untuk mengasah otak dalam mengatur strategi.

"Pertandingan ini diikuti peserta dari Empat Lawang, Lahat, Muara Enim lalu Muba. Semoga Percasi Sumsel mendapatkan pecatur yang berpotensi," tambahnya.

3. Antusiasme pecatur mulai membaik

Cari Atlet Potensial, Percasi-KONI Sumsel Jaring Pecatur Muda Wakil Ketua Umum KONI Sumsel Suparman Roman (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Wakil Ketua Umum KONI Sumsel, Suparman Roman melanjutkan, jumlah peserta yang cukup banyak membuktikan kejuaraan terbuka tersebut cukup diminati. Sehingga langkah awal penjaringan dinilai berhasil.

"Pertanda baik, ternyata catur diminati di Sumsel khususnya Palembang. Kita mencari atlet karena di awal targetnya adalah pembibitan," tandas dia.

Baca Juga: Atlet Menembak Sumsel Diamankan Usai Beli 920 Butir Amunisi Ilegal

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi
  • Hidayat Taufik

Berita Terkini Lainnya