Comscore Tracker

Besok Puncak Arus Balik, Jalintim dan Jalinteng Masih Lancar

Polres Muba tambah rambu peringatan kecelakaan

Musi Banyuasin, IDN Times - Lalu lintas Jalan Lintas Timur (Jalintim) dan Jalan Lintas Tengah (Jalinteng) Sumatera terpantau aman dan lancar, memasuki H+5, Jumat (6/5/2022). Diprediksi, puncak arus balik akan terjadi besok.

Pantauan IDN Times, kendaraan roda empat-- baik itu mobil pribadi dan angkutan umum seperti bus antar kota--masih bisa lalu lalang dengan lancar. Sejauh ini, belum tampak ada kepadatan lalu lintas yang berujung penumpukan kendaraan.

1. Puncak arus balik diprediksi terjadi pada akhir pekan ini

Besok Puncak Arus Balik, Jalintim dan Jalinteng Masih Lancar(Anggota Sat Lantas Polres Muba saat melakukan pengamanan di Jalintim selama arus balik lebaran tahun ini) IDN Times/Istimewa

Kasat Lantas Polres Musi Banyuasin (Muba) AKP Sandi Putra mengatakan, sejauh ini Jalintim dan Jalinteng masih terkendali dan petugas masih standby berjaga untuk puncak arus balik besok.

“Belum ada pergerakan kendaraan arus balik, namun diperkirakan terjadi pada Sabtu dan Minggu,” ujar Sandi, saat ditemui di Pospam setempat.

2. Polisi minta pemudik mewaspadai beberapa titik macet di Jalintim dan Jalinteng

Besok Puncak Arus Balik, Jalintim dan Jalinteng Masih Lancar(Anggota Sat Lantas Polres Muba saat melakukan pengamanan di Jalintim selama arus balik lebaran tahun ini) IDN Times/Istimewa

Sandi menambahkan, ada beberapa titik rawan kemacetan di jalur Jalinteng, yaitu daerah Bailangu Timur atau Desa Epil. Penyebabnya, ada jalan rusak dan aspal tambal sulam di jalur ini sehingga kendaraan harus mengurangi kecepatan.

“Adapun jalan rusak tersebut berada di sekitar KM 92 desa Teluk dan KM 96 di desa Epil. Maka itu kita imbau, (pemudik) sebaiknya berhati-hati,” ungkapnya.

Sedangkan untuk di Jalintim, imbuhnya, titik kemacetan terjadi di Pasar Sungai Lilin dan SPBU C2. Pengendara juga harus berhati-hati saat melintasi jembatan Sungai Lilin karena biasanya rawan macet jika sudah arus mudik dan arus balik.

Baca Juga: 53 Narapidana di Sumsel Mendapatkan Remisi Langsung Bebas di Hari Raya

3. Sat Lantas Polres Muba menambah rambu lalu lintas di titik rawan kecelakaan

Besok Puncak Arus Balik, Jalintim dan Jalinteng Masih Lancar(Sat Lantas Polres Muba saat memasang rambu peringatan di sepanjang Jalintim) IDN Times/Istimewa

Personel Pos Lantas Sukamaju, kata Sandi, juga sudah menambah rambu dan plang peringatan hati-hati di beberapa titik rawan kecelakaan, terutama di ruas Jalintim Palembang -Jambi.

Selain itu, para pemudik juga diminta kurangi kecepatan mengendarai kendaraan saat cuaca sedang hujan. Sebab sudah beberapa hari pasca lebaran Kabupaten Muba diguyur hujan, terutama di malam hari.

"Apalagi jika sudah memasuki jalan lintas yang jauh dari pemukiman, penerangan jalan juga minim. Jadi harap berhati-hati dan diminta beristirahat di Pos Pam terdekat apabila lelah dan mengantuk," kata dia. 

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya