Comscore Tracker

Sumsel Kirim Beras, Obat, dan Personel Bantu Korban Cianjur

Ada 25 ton beras dikirimkan ke Cianjur lewat jalur darat

Palembang, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan (Pemprov Sumsel) mengirimkan bantuan makanan dalam bentuk beras sebanyak 25 ton, dan obat-obatan darurat kepada korban gempa di Cianjur, Jawa Barat (Jabar).

Langkah tersebut dilakukan sebagai bentuk kemanusiaan untuk bersimpati dan berempati dengan bencana alam yang menewaskan 272 orang.

"Mudah-mudahan bantuan yang diberikan Pemprov Sumsel kepada saudara-saudara kita yang tertimpa bencana gempa bumi di Cianjur dapat meringankan beban mereka," ungkap Gubernur Sumsel, Herman Deru, Kamis (24/11/2022).

Baca Juga: IDI Cianjur Kerahkan 200 Dokter dan Nakes Tangani Korban Gempa Cianjur

1. Sumsel juga siapkan mitigasi bencana

Sumsel Kirim Beras, Obat, dan Personel Bantu Korban CianjurGubernur Sumsel Herman Deru melepas bantuan kemanusiaan ke Cianjur Jawa Barat (Dok: istimewa)

Menurutnya, bantuan yang diberikan kepada masyarakat Cianjur diharapkan bisa meringankan beban. Dirinya berharap Cianjur dapat segera pulih dari bencana alam yang terjadi.

"Harapan kita, mereka yang terdampak bisa lebih sabar dan tabah. Semoga tak lagi ada bencana susulan," jelas dia.

Sumsel kata Deru juga berupaya dalam mitigasi bencana, mengingat musim penghujan kerap menjadi momok menakutkan. Deru menyebut, pihaknya berupaya mencegah dan menanggulangi bencana yang bisa terjadi di puncak musim penghujan ini.

Kesiapsiagaan ini juga sudah dilakukan di tiap kabupaten dan kota yang berpotensi terjadinya bencana, baik bencana banjir, longsor, atau angin puting beliung.

Baca Juga: Datangi Cianjur Lagi, Jokowi Mau Pastikan Evakuasi Berjalan Baik

2. Libatkan personel untuk memberikan bantuan ke Cianjur

Sumsel Kirim Beras, Obat, dan Personel Bantu Korban CianjurGubernur Sumsel Herman Deru melepas bantuan kemanusiaan ke Cianjur Jawa Barat (Dok: istimewa)

Sekertaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, Iqbal Alisyahbana menyebutkan, Sumsel turut mengirim tim kemanusiaan ke Cianjur. Tim tersebut terbagi dalam dua pleton personel yang dikhususkan melakukan evakuasi.

"Mereka ditugaskan selama tiga hari di Cianjur untuk membantu Satgas di sana dalam evakuasi, dan membantu masyarakat yang terdampak bencana. Jika diperlukan maka waktu tugasnya bisa diperpanjang," jelas dia.

Bantuan dikirimkan melalui jalur darat dengan estimasi akan tiba dalam waktu tiga hari. Lewat instruksi Gubernur Sumsel, bantuan itu harus tiba secepatnya untuk membantu korban terdampak.

"Pemprov Sumsel berempati dan simpati atas bencana yang terjadi di Cianjur. Bencana ini adalah bencana bersama, dan bantuan ini sebagai bentuk kemanusiaan kita untuk para korban bencana gempa," beber dia.

3. Bantuan tiba paling lambat 3 hari

Sumsel Kirim Beras, Obat, dan Personel Bantu Korban CianjurGubernur Sumsel Herman Deru melepas bantuan kemanusiaan ke Cianjur Jawa Barat (Dok: istimewa)

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sumsel, Mirwansyah menjelaskan, pihaknya akan memantau kondisi di Cianjur secara situasional. Jika diperlukan, pihaknya akan menambah personel sesuai kebutuhan di lapangan.

"Bantuan beras dan obat-obatan kita kirimkan ke Cianjur, diprediksi akan sampai tiga hari dan langsung diserahkan ke tim Satgas. Personel difokuskan untuk membantu satgas dalam evakuasi dan sebagainya," tutup dia.

Baca Juga: Pengungsi di Cianjur Keluhkan Kurang Air, Jokowi Akui Distribusi Sulit

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya