Comscore Tracker

Jelang Mudik Lebaran, 2 Pelabuhan di Sumsel Masih Normal

Tanjung Api-Api tetap buka untuk antar logistik 6-17 Mei

Palembang, IDN Times - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengeluarkan aturan melalui Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) nomor 13 tahun 2021, mengenai imbauan pengendalian transportasi jelang lebaran nanti.

Larangan bepergian menggunakan transportasi sungai dan laut berlaku bagi penumpang di Pelabuhan Tanjung Api-Api (TAA) Banyuasin, dan Pelabuhan Boom Baru Palembang.

"Pelabuhan Tanjung Api-Api tidak tutup, hanya membatasi perjalanan bagi penumpang. Sedangkan logistik dan barang akan berjalan seperti biasa," ungkap Kepala UPTD Pelabuhan Penyeberangan TAA dan Kertalaya, Drs Iwan Gunawan Syahputra kepada IDN Times, Senin (19/4/2021).

1. Ada lima perjalanan sehari dari Tanjung Api-Api

Jelang Mudik Lebaran, 2 Pelabuhan di Sumsel Masih NormalPelabuhan Tanjung Api-Api di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. (IDN Times/Rangga Erfizal)

Iwan menjelaskan, ada beberapa kriteria pengecualian terhadap aturan Permenhub yang tetap membolehkan penumpang untuk bepergian. Pengecualian ini seperti perjalanan dinas, bekerja, kondisi mendesak yang terbagi dalam dua kasus, yakni sakit atau melahirkan.

"Saat aturan ini berlaku, kapal tetap standby beroperasi seperti biasa. Ada lima trip dalam sehari dari Pelabuhan TAA dan Pelabuhan Tanjung Kalian, Bangka Barat. Nanti akan disesuaikan saat hari H," ungkap dia.

Baca Juga: Bandara SMB II Palembang Tetap Beroperasi Meski Larangan Mudik

2. Hanya ada 150 penumpang di TAA

Jelang Mudik Lebaran, 2 Pelabuhan di Sumsel Masih NormalPelabuhan TAA sejauh ini (IDN Times/Istimewa)

Iwan menjelaskan, sejauh ini arus penumpang di pelabuhan Tanjung Api-Api masih terpantau normal. Terlebih sejak ada Permenhub, belum ada lonjakan penumpang yang cukup berarti di Ppelabuhan. Kendaraan yang membawa logistik lebih mendominasi ketimbang penumpang.

"Sedikit estimasi 100 sampai 150 orang penumpang dalam sehari. Jumlahnya bisa naik kalau weekend. Untuk penumpang ini terhitung masih sepi," jelas dia

3. Penumpang di Pelabuhan Boom Baru turun hingga 80 persen

Jelang Mudik Lebaran, 2 Pelabuhan di Sumsel Masih NormalPelabuhan IPC di Boom Baru Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Assistant Deputy General Manager (ADGM) Komersial, Marlamb Samuel Y, mengungkapkan hal serupa mengenai jumlah penumpang kapal tujuan Bangka Belitung. Menurutnya jika sebelum pandemik terdapat empat kali penyeberangan dalam sepekan, namun kini tersisa dua kapal.

Jadwal keberangkatan tujuan Bangka Belitung dimulai pukul 09.00 WIB, sedangkan dan jadwal kedatangan hanya pada pukul 15.00 WIB.

"Turun drastis hingga 80 persen, dari dulunya bisa 800 orang sekarang terisi paling 83 orang," ujar dia.

4. Belum ada peningkatan penumpang setelah Permenhub

Jelang Mudik Lebaran, 2 Pelabuhan di Sumsel Masih NormalIlustrasi penumpang (1/7/2020). (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)

Pihaknya mencatat jika menjelang lebaran jumlah penumpang di Pelabuhan Boom Baru kerap meningkat, namun sampai hari ini belum ada tanda-tanda kenaikan, terlebih setelah Permenhub.

"Sepekan lalu para penumpang yang menggunakan jasa kapal cepat via Pelabuhan Boombaru Palembang menuju Muntok dan Pangkal Pinang, tercatat hanya ada 400 penumpang," tutup dia.

Baca Juga: Gubernur Sumsel Berencana Tak Melarang Warganya Mudik ke Daerah

Topic:

  • Rangga Erfizal
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya