Suplai Air Bersih Terhenti, PDAM Tirta Musi Palembang Beri Alasan Ini 

Ada perbaikan pipa sepanjang 400m di sejumlah titik

Palembang, IDN Times - Warga yang berada di kawasan Jalan POM IX Palembang kembali dibuat gundah dengan tak mengalirnya air dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi Palembang.

Menurut Azizah, warga Jalan Volley, Lorok Pakjo, air bersih dari PDAM tidak mengalir sejak Rabu (11/12) pagi. "Ya kita jadi bingung aja. Karena saya memang butuh banyak air. Ini sudah siang tapi belum juga hidup," keluhnya kepada IDN Times, Rabu (11/12).

1. PDAM Tirta Musi Palembang lagi melakukan perbaikan pipa sepanjang 400 meter per lokasi

Suplai Air Bersih Terhenti, PDAM Tirta Musi Palembang Beri Alasan Ini Ilustrasi pipa saluran air (IDN Times/Istimewa)

Menanggapi keluhan tersebut, Direktur Utama PDAM Tirta Musi Palembang, Andi Wijaya mengatakan, tak mengalirnya pasokan air bersih dari PDAM karena memang lagi ada pekerjaan perbaikan pipa di sejumlah titik.

"Pekerjaan perbaikan pipa inilah yang mengakibatkan gangguan pengaliran air, seperti di daerah Sekip, R Sukamto, Jalan POM IX, Jalan Bambang Utoyo, Komplek Pakri, Taman Kenten, M Isa, dan Sekip Ujung," katanya saat dihubungi IDN Times.

Andi melanjutkan, penghentian suplai air PDAM ini juga karena ada pengerjaan pipa sepanjang 400 meter di setiap titikHal ini menyebabkan distribusi air bersih di beberapa wilayah terhenti. Namun, pihaknya memastikan gangguan ini paling lama sekitar satu minggu.

"Kami akan usahakan secepat mungkin. Karena perbaikan pipa dilakukan hingga malam, dengan estimasi waktu pekerjaan sampai pukul 20.00 WIB. Sedangkan, normalisasi pengaliran setelah gangguan memakan waktu paling cepat 2 x 24 jam, terutama untuk di daerah ujung pengaliran. Tapi bisa lebih lama karena terkadang tentatif," jelasnya.

2. Masyarakat diimbau untuk sementara menghemat penggunaan air, selama masa perbaikan

Suplai Air Bersih Terhenti, PDAM Tirta Musi Palembang Beri Alasan Ini Ilustrasi saluran air di Kota Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Atas dasar itu, Andi mengimbau, kepada pelanggan yang berada di wilayah terkena dampak perbaikan pipa, untuk lebih bijak menggunakan air agar bisa mengantisipasi kebutuhan selama terjadinya gangguan pengaliran.

"Kami berharap masyarakat yang terkena dampak dari pekerjaan ini dapat mengirit pemakaian air bersih. Atas permasalahan ini kami juga mohon agar warga memahami dan mengerti karena ini bagian dari rangkaian pekerjaan kami," imbau dia.

Baca Juga: Pengamanan Nataru, Bandara SMB II Palembang Dirikan Posko Terpadu

3. PDAM Tirta Musi Palembang persilahkan masyarkat laporkan ganguan saluran air

Suplai Air Bersih Terhenti, PDAM Tirta Musi Palembang Beri Alasan Ini Ilustrasi saluran air di Kota Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Kemudian, jelas Andi, bila masyarakat memiliki keluhan terkait gangguan pelayanan air, dipersilakan melaporkan masalah ke bagian hukum dan humas PDAM Tirta Musi.

"Bisa menghubungi layanan telepon ke nomor (0711) 355222, Atau bisa juga lewat WhatApp (WA)  di Nomor 08117888282. Misalnya masalah air tidak mengalir, pipa air bocor, atau pecah silakan hubungi call center untuk pengaduan pelayanan," tandas dia.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini
http://onelink.to/s2mwkb

Topik:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya