TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

24 Sampel Varian B117 dari Pasien Pertama Palembang Keluar

Litbangkes mengungkap semua sampel hasilnya negatif

Gubernur Sumsel, Herman Deru bersama Kadinkes Sumsel, Lesty Nuraini(IDN Times/Rangga Erfizal)

Palembang, IDN Times - Dinas Kesehatan Sumatra Selatan (Dinkes Sumsel) mengonfirmasi 24 sampel dari kontak pasien yang terpapar virus B117 dan keluarganya, dipastikan negatif atau tidak menjangkit ke orang lain. Hasil itu dikeluarkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) RI di Jakarta.

"Dari hasil sampel yang dikirim ke Litbangkes semua negatif. Jadi tidak ada yang terpapar B117 selain pasien sebelumnya," ungkap Kepala Dinkes Sumsel, Lesty Nuraini, Rabu (17/3/2021).

Baca Juga: Kronologi Varian Corona B117 Masuk ke Palembang

1. Masyarakat jangan risau dengan virus varian baru

Kepala Dinkes Sumsel, dr Lesty (kanan) dan Kepala Dinkes Palembang, dr Fauziah (kiri) (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Menurut Lesty, kasus varian B117 yang masuk ke Sumsel diperkirakan terjadi pada Desember 2020. Hanya saja, pihaknya tidak bisa memastikan asal virus tersebut. Dinkes Sumsel hanya meminta masyarakat tak perlu risau.

"Sampel ditemukan bukan karena ada pasien dengan gejala khusus, melainkan saat penjaringan ditemukan sampel yang terpapar virus," jelas dia.

2. Pasien pertama B117 sudah sembuh

Vaksinator menunjukkan dosin vaksin yang akan disuntikan ke nakes (IDN Times/Rangga Erfizal)

Hingga sejauh ini Dinkes Sumsel masih terus memastikan apakah penyebaran virus terjadi di satu lokasi, ataukah sudah menyebar ke wilayah Sumsel lain. Menurutnya, penyebaran varian virus B117 memiliki daya sebar yang tinggi.

"Sejauh ini pasien pertama sudah sembuh, jadi tidak ada kendala. Dirinya juga hanya mengalami gejala ringan," jelas dia. 

Baca Juga: Varian Baru Corona B117 Masuk Palembang Sejak Desember 2020

Berita Terkini Lainnya