2 Pemuda Empat Lawang Tewas Keracunan Saat Bersihkan Sumur Tetangga

Korban menghirup asap pembuangan mesin sedot di dalam sumur

Empat Lawang, IDN Times - Dua warga Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, Sumatra Selatan (Sumsel), berinisial AN (30) dan JN (25), ditemukan meninggal dunia di dalam sumur air milik tetangganya. Keduanya mati lemas karena menghirup gas beracun dari pembuangan mesin sedot yang dibawa masuk ke dalam sumur tersebut.

"Dua korban menguras sumur pakai mesin robin, diduga mereka tewas akibat terhirup asapnya," ungkap Kasatreskrin Polres Empat Lawang, AKP M Tohirin, Selasa (12/9/2023).

Baca Juga: Mekanik Alat Berat Tewas Tertimpa Buldoser di Palembang

1. Korban meninggal di kedalaman 12 meter

2 Pemuda Empat Lawang Tewas Keracunan Saat Bersihkan Sumur TetanggaIlustrasi jenazah (IDN Times/Sukma Shakti)

Tohirin menerangkan, kedua korban menerima upahan untuk membersihkan sumur warga yang kotor dan berlumpur. Tersangka AN turun lebih dahulu untuk menguras air dari dalam sumur di kedalaman 12 meter.

Selang beberapa waktu, JN yang berada di atas tidak lagi mendengar suara kakaknya dari dalam sumur. Ia pun berupaya memanggil AN namun tak kunjung ada jawaban.

"Proses evakuasi sempat terkendala alat sehingga berlangsung cukup lama," ujar dia.

Baca Juga: Penggali Sumur Tewas Tertimpa Longsoran di Kedalaman 7 Meter

2. Warga gunakan hewan peliharaan untuk cek ke dalam sumur

2 Pemuda Empat Lawang Tewas Keracunan Saat Bersihkan Sumur TetanggaIlustrasi jenazah (IDN Times/Mia Amalia)

JN yang panik menyorongkan kepalanya ke dalam sumur dan menyorot dengan senter. Ia mengetahui kakaknya sudah lemas di dalam sumur. Karena panik, ia langsung bergegas menyusul korban ke dalam sumur. JN yang berniat menolong justru ikut lemas karena menghirup udara pembuangan mesin sedot itu.

Pemilik rumah yang melihat keadaan malah semakin panik, dan berteriak meminta tolong hingga warga setempat datang melakukan pertolongan.

"Warga sampai tes pakai ayam dan burung untuk mengetahui kondisi di dalam sumur, mereka panik karena ayam dan burung itu mati semua begitu diangkat," jelas dia.

3. Keluarga legowo dengan kejadian

2 Pemuda Empat Lawang Tewas Keracunan Saat Bersihkan Sumur TetanggaIlustrasi Garis Polisi (IDN Times/Arief Rahmat)

Tim gabungan BPBD, Damkar, dan Polisi, berusaha melakukan evakuasi. Mereka membutuhkan waktu hampir lima jam untuk mengevakuasi kedua korban dari dalam sumur tersebut. Pihak keluarga memilih legowo dengan peristiwa tersebut.

"Pihak keluarga menolak divisum atau autopsi dan membawanya pulang untuk dimakamkan," turup dia.

Baca Juga: 3 Pekerja Perkebunan Terbakar Diduga Akibat Kecelakaan Kerja

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya