Comscore Tracker

RSUD Jambi Segera Pulangkan Pasien WNA yang Diduga Terjangkit Corona

Pasien diyakini hanya terserang ISPA

Jambi, IDN Times–Pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raden Mattaher Jambi segera memulangkan pasien yang diduga terjangkit virus Corona (nCoV). Pasalnya, kondisi pasien yang merupakan warga negara asing (WNA) dirawat sejak Sabtu (25/1) lalu dan setelah menjalani pemeriksaan hingga Selasa (28/1), semakin membaik.

“Akan segera kita pulangkan,” kata dr Meidianto, Spesialis Paru, tim dokter yang menangani pasien diduga terjangkit virus Corona kepada awak media, di RSUD Raden Mattaher Jambi, Selasa (28/1).

1. Hasil observasi dan uji klinis, serta laboratorium, pasien hanya terserang ISPA

RSUD Jambi Segera Pulangkan Pasien WNA yang Diduga Terjangkit CoronaStaf Ahli Kemenkes dr Kuwat Sri Hudoyo memberikan keterangan pers usai berkoordinasi dengan pihak RSUD Raden Mattaher Jambi terkait pasien diduga kena virus Corona, Selasa (28/1)/IDN Times/Ramond Eka Putra

Meidianto mengungkapkan, dari awal, pasien yang di rujuk dari Rumah Sakit Siloam Jambi ini hanya mengeluhkan pilek saja. Tidak ada demam dan batuk, seperti dugaan yang dinyatakan terjangkit virus Corona. Namun, karena pasien baru pulang dari Wuhan China, maka pasien langsung diisolasi di ruang khusus RSUD Raden Mattaher.

“Mengapa pasien ini diisolasi, karena baru pulang dari Wuhan, itu kata kuncinya” ungkap dia.

Kalau dilihat dari perjalanan pasien dari Wuhan, Meidianto meyakini pasien sudah melewati masa inkubasi selama 14 hari. Kronologi perjalanan pasien, terakhir berada di Wuhan pada 27 Desember 2019, dan tiba di Jambi 4 Januari 2020.

“Pada 26 Januari 2020, pasien berobat ke Siloam dan mengeluhkan pilek dan batuk. Karena baru pulang dari Wuhan, maka dirujuk ke Rumah Sakit Raden Mattaher. Ini salah satu upaya antisipasi,” jelas dia.

Meidianto menegaskan, dari hasil observasi dan dilakukan uji klinis, serta laboratorium, pasien hanya terserang ISPA. Meski demikian, pihaknya tetap mengirimkan hasil observasi ke Litbangkes Kementerian Kesehatan, sebagai bagian dari SOP penanganan pasien yang baru pulang dari Wuhan China.

“Dari gambaran klinis, sangat jauh dari virus ini (corona),” tegas dia.

2. Staf Ahli Menkes sebut musuh saat ini bukan Corona virus, tapi keresahan masyarakat

RSUD Jambi Segera Pulangkan Pasien WNA yang Diduga Terjangkit CoronaRumah Sakit dan Puskesmas di Jambi siapkan kamar isolasi untuk pasien terduga Corona/IDN Times/Ramond Eka Putra

Staf Ahli Menteri Kesehatan Republik Indonesia Bidang Hukum Kesehatan, dr Kuwat Sri Hudoyo, yang hadir di RSUD Raden Mattaher Jambi mengatakan, sampai detik ini tidak ada kejadian virus Corona di Indonesia, termasuk pasien yang sedang diisolasi di RSUD Raden Mattaher Jambi.

Meski diakuinya, beberapa negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand sudah ada yang positif Corona. “Musuh kita saat ini bukan Corona virus, tapi keresahan masyarakat,” kata dia.

3. Potensi Jambi masuk Virus Corona sangat kecil

RSUD Jambi Segera Pulangkan Pasien WNA yang Diduga Terjangkit CoronaPetugas RSUD Raden Mattaher, Jambi sudah siap mengantisipasi terhadap mewabahnya virus Corona/IDN Times/Ramond Eka Putra

Kuwat menerangkan, upaya yang bisa dilakukan saat ini mengajak masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan informasi yang beredar di media sosial terkait virus Corona. “Mari kita mengembalikan kepercayaan masyarakat. Karena negara kita masih aman dari virus Corona,” terang dia.

Masyarakat, sambung dia, harus percaya dengan pemerintah. Karena pemerintah tetap siaga dan tidak berhenti mengantisipasi kemungkinan virus Corona masuk ke Indonesia. “Potensi Jambi masuk virus Corona sangat kecil. Karena perjalanan dari China harus transit lebih dahulu di Bandara Jakarta dan Batam,” terang dia.

Terkait pasien yang masih diisolasi di RSUD Raden Mattaher Jambi, Kuwat menyatakan, bahwa 99,9 persen pasien tidak terjangkit virus Corona.

“Setelah saya mendengar penjelasan dari tim dokter dan pihak rumah sakit, saya yakin hasil uji laboratorium yang sudah dikirim adalah negatif. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir jika pasien dalam beberapa hari ini akan dipulangkan ke rumah,” ujar dia.

Baca Juga: Diduga Kena Virus Corona, WNA Pasien RSUD Raden Mattaher Jambi Membaik

4. Rumah Sakit dan Puskesmas di Jambi siapkan kamar isolasi

RSUD Jambi Segera Pulangkan Pasien WNA yang Diduga Terjangkit CoronaAntisipasi Corona, petugas dan pengunjung di RSUD Raden Mattaher Jambi terlihat menggunakan masker/IDN Times/Ramond Eka Putra

Sementara, Wakil Direktur Pelayanan dan Keperawatan RSUD Raden Mattaher Jambi, dr Dewi Lestari menjelaskan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi, terkait ruangan yang disiapkan untuk isolasi pasien terduga virus Corona.

“Jika ada pasien yang direkomendasikan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), beberapa rumah sakit di Jambi dan puskesmas menyiapkan ruang isolasi pasien,” jelasnya.

Sedangkan untuk RSUD Raden Mattaher Jambi, sambung dia, sudah menyiapkan dua kamar isolasi. Satu kamar untuk laki-laki dan satu untuk perempuan. Masing-masing kamar menyediakan tiga tempat tidur. Selain RSUD Raden Mattaher dan puskesmas di Kota Jambi, beberapa rumah sakit juga sudah menyiapkan ruang isolasi. Yaitu Rumah Sakit Siloam Jambi, Rumah Sakit Bratanata dan Rumah Sakit Theresia.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb 

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya