Comscore Tracker

Yuk Melipir ke Pasar Baba Boentjit, Satu Wisata Digital di Tepi Musi

Destinasi wisata kota Palembang di Pinggiran Sungai Musi

Palembang, IDN Times - Menelusuri kota Palembang bisa juga dengan menggunakan transportasi air yang kerap disebut getek atau perahu kecil.

Nah dengan moda tersebut, kalian bisa menemukan salah satu destinasi wisata yang bernama Pasar Baba Boentjit.

1. Rumah tinggal milik warga Tionghoa di Palembang

Yuk Melipir ke Pasar Baba Boentjit, Satu Wisata Digital di Tepi MusiIDN Times/Istimewa

Baba Boenjit merupakan sebuah rumah tinggal milik warga Tionghoa di Palembang. Kini Pasar Baba Boentjit sudah ditetapkan Dinas Pariwisata Sumatra Selatan sebagai satu wisata digital kota Palembang.

Budiman, keturunan ke tujuh pemilik rumah menceritakan, rumah yang mereka tempati hingga saat ini belum tersentuh renovasi dari desain asal. Jika dilihat dengan kasat mata, rumah tersebut masih memiliki kesan chinesse yang kental, mulai dari dinding yang dihiasi motif Tionghoa hingga berbagai benda-benda unsur negari Tirai Bambu.

"Kita berharap dengan makin banyak spot ini di Palembang, bisa meningkatkan ketertarikan warga lokal Sumsel ataupun pendatang dari luar. Mudah-mudahan Pemerintah makin peduli dengan potensi wisata yang ada," katanya.

Baca Juga: 5 Fakta Sejarah Pempek, Kuliner Khas Palembang yang Nikmat Banget

2. Tiap pekan gelar even yang melibatkan millenial dan tokoh masyarakat

Yuk Melipir ke Pasar Baba Boentjit, Satu Wisata Digital di Tepi MusiIDN Times/Feny Maulia Agustin

meski sudah sekitar 300 tahunan berdiri, rumah yang memiliki luas 3000 m persegi ini masih sangat kokoh tegak di daratan Ulu Sungai Musi.

Untuk mengetahui keberadaan Pasar Baba Boentjit, kalian secara digital bisa mengakses melalui instagram @pasarbababoentjit. Pasar Baba Boentjit sendiri setiap minggu sering mengadakan event yang melibatkan anak muda bahkan tokoh-tokoh masyrakat. 

Baca Juga: 7 Tempat Wisata di Palembang yang Wajib Masuk Bucket List Kamu

3. Boentjit adalah nama keluarga dari Ongboentjit

Yuk Melipir ke Pasar Baba Boentjit, Satu Wisata Digital di Tepi MusiIDN Times/Feny Maulia Agustin

Budiman melanjutkan, berdasarkan silsilah keturunan asli keluarga Boentjit hingga saat ini sudah ada 6 keturunan dan bapak dari Budiman yang menjadi pengurus rumah tersebut.

"Pasar Baba Boentjit ini memiliki arti pasar untuk keramaian, baba untuk sebutan keturunan orang chinesse masuk islam, dan Boentjit adalah nama keluarga dari Ongboentjit," ujarnya.

Baca Juga: Ki Marogan, Mensyiarkan Islam ke Pedalaman Palembang dengan Perahu

4. Sebagian penduduk di Pasar Baba Boentjit pembuat nipah

Yuk Melipir ke Pasar Baba Boentjit, Satu Wisata Digital di Tepi MusiIDN Times/Feny Maulia Agustin

Selain ramah, hampir seluruh masyarakat di sekitar lingkungan ini ternyata berprofesi sebagai pembuat nipah. Nipah adalah kerajinan tangan yang terbuat dari pelepah daun pohon nipah.

"Lokasi ini masih terus dalam tahap pembangunan dari bantuan para wisatawan, dan hasil dari penjualan kerajinan nipah masyarakatnya," tandasnya.

Topic:

  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya