Gubernur Sumsel Minta Pilar LRT Dimanfaatkan Sebagai Promo

Integrasi LRT diharapkan bisa lebih menarik minat masyarakat

Palembang, IDN Times - Ratusan tiang penyangga perlintasan rel Light Rail Transit Sumatra Selatan (LRT Sumsel) diharap dapat dimanfaatkan untuk media promosi. Tiang LRT dinilai dapat menjadi data tarik dan menambah pemasukan operasional kereta ringan tersebut.

"Saya rasa optimalisasi pengembangan LRT harus terus didorong jajaki kerja sama dari berbagai pihak bisa dipilih, memanfaatkan media-media yang berada di luar LRT," ungkap Gubernur Sumsel, Herman Deru, Selasa (31/5/2022).

Baca Juga: LRT Palembang Buka Ruang untuk Pasang Iklan, Tertarik?

1. Tujuan utama tetap transportasi untuk masyarakat

Gubernur Sumsel Minta Pilar LRT Dimanfaatkan Sebagai PromoIDN Times/Rangga Erfizal

Selain memanfaatkan pilar LRT sebagai sarana untuk promosi, pengelola harus memikirkan cara agar pengelolaan semakin maksimal. Pemprov Sumsel mendukung upaya modernisasi transportasi di Palembang dengan mendukung integrasi antar angkutan umum.

"Kita sama-sama bisa menarik minat masyarakat menggunakan transportasi umum. Beberapa cara sudah kita lakukan dengan membagikan kartu yang bisa mudah diakses, atau dapat dilakukan dengan cara lain yang lebih menarik bagi masyarakat," jelas dia.

Baca Juga: Hore, Pelajar dan Mahasiswa Sumsel Diberi Harga Khusus Naik LRT

2. Fasilitas LRT diminta selalu dijaga dengan baik

Gubernur Sumsel Minta Pilar LRT Dimanfaatkan Sebagai PromoIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Deru menjelaskan, fasilitas LRT sudah sangat menunjang kebutuhan masyarakat untuk naik transportasi umum. Hanya saja, ada beberapa catatan yang harus diperhatikan yakni menjaga fasilitas tersebut tetap mumpuni bagi masyarakat.

Dirinya meminta pihak pengelola LRT menjaga dan memperhatikan air pembuangan yang sering jatuh ke jalan karena dianggap merusak jalan di bawahnya.

"Air yang menetes dari atas rel LRT, khususnya di stasiun itu, bisa dipasang talang air atau sejenisnya sehingga air yang jatuh tidak merusak jalan," jelas dia.

Baca Juga: Menhub Minta Angkutan Umum di Palembang Terintegrasi ke LRT

3. Pengelola LRT berkomitmen penuhi kebutuhan warga

Gubernur Sumsel Minta Pilar LRT Dimanfaatkan Sebagai PromoIDN Times/Rangga Erfizal

Kepala Balai Pengelola LRT, Prih Galih mengatakan, pihaknya akan mencari solusi atas saran yang diberikan Herman Deru. Pihaknya akan berupaya meningkatkan masyarakat lebih percaya untuk beralih ke transportasi massal.

"Fasilitas di LRT sudah setara dengan bandara, sehingga kami memberikan pelayanan yang baik dan nyaman bagi masyarakat," tutup dia.

Baca Juga: LRT Palembang Kini Punya Maskot Bernama Keris

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya