Comscore Tracker

8 Orang di KPU Muratara Positif COVID-19 Usai Pulang dari Jakarta

Setelah pulang dari Jakarta lakukan Rakor di Palembang

Musi Rawas Utara - Ketua Komisi Pemilihan Umum Musi Rawas Utara (KPU Muratara), Agus Marianto bersama anggotanya di Divisi Hukum dan Pengawasan, Handoko, terkonfirmasi positif COVID-19. Dua komisioner itu terjangkit virus corona bersama enam staf lainnya,

Agus dan Handoko diduga terpapar virus usai melakukan perjalanan dinas dari Jakarta, 11-13 September 2020. Setelah tiba di Palembang, mereka menjalani swab sebanyak dua kali dan hasilnya positif.

"Hasil swab-nya keluar pada 18 Agustus 2020 lalu. Kami, KPU Provinsi Sumsel sangat prihatin dengan yang menimpa rekan kami penyelenggara di KPU Muratara," ujar Kelly Mariana saat dikonfirmasi IDN Times, Senin (21/9/2020).

1. Lakukan penyemprotan kantor KPU Muratara

8 Orang di KPU Muratara Positif COVID-19 Usai Pulang dari JakartaKomisioner KPU Sumsel Kelly Mariana (IDN/sidratul muntaha)

Usai diketahui banyak yang terpapar, KPU Sumsel memastikan kondisi di Muratara tetap aman. Menurut Kelly, pihaknya sudah meminta sterilisasi kantor sekaligus penyemprotan disinfektan. Kantor KPU Sumsel juga ditutup sementara waktu selama tiga hari.

"Kami sudah berkomunikasi langsung dengan mereka dan semua dalam keadaan sehat walafiat tanpa ada gejala," ujar Kelly.

Baca Juga: [BREAKING] Menteri Agama Fachrul Razi Terkonfirmasi Positif COVID-19

2. Komisoner KPU Muratara sempat mengikuti rakor di Palembang

8 Orang di KPU Muratara Positif COVID-19 Usai Pulang dari JakartaPedagang Pasar Kebon Semai Sekip Palembang mengikuti swab test pasca meninggalnya satu rekan mereka suspect COVID-19. (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Kelly mengatakan, baru-baru ini KPU Sumsel dan tujuh KPU di wilayah yang menyelenggarakan Pilkada melakukan rapat koordinasi (Rakor) di Palembang pada 17 September 2020. Rakor itu didatangi semua komisioner KPU untuk membahas agenda pilkada.

"Kami sudah meminta semua yang hadir di Palembang untuk dilakukan rapid test," jelas dia.

Baca Juga: Razia Masker di KI Diprotes, Warga: Jogging Pakai Masker Kan Sesak

3. KPU setop rakor tatap muka

8 Orang di KPU Muratara Positif COVID-19 Usai Pulang dari JakartaKantor KPU Sumsel (IDN Times/Rangga Erfizal)

Akibat kejadian itu, KPU Sumsel bakal menyetop rakor tatap muka untuk menghindari penyebaran virus. Meski begitu menurut Kelly, semua petunjuk protokol kesehatan telah dilakukan selama rakor,

"Kita setop rakor tatap muka, untuk ke depan cukup secara daring. Padahal kemarin kita rakor juga sudah jaga jarak di ruang besar," ujar dia. 

Baca Juga: Jelang Undi Nomor Urut Pilkada, Bupati Pali Belum Pulih dari COVID-19

4. Pelaksanaan Pilkada akan tetap berlangsung

8 Orang di KPU Muratara Positif COVID-19 Usai Pulang dari JakartaSeorang pekerja tengah merampungkan pengerjaan kotak suara Pemilu 2019 di Gudang eks Bandara Polonia, Medan (IDN Times/Prayugo Utomo)

Meski sejumlah komisioner terkonfirmasi positif, namun KPU Sumsel  terus berupaya melakukan tracing di semua tingkatan. Pihaknya juga mengimbau pelaksanaan protokol kesehatan di lingkungan kantor KPU tetap diperhatikan.

"Sebagai antisipasi pencegahan dan penyebaran COVID-19, kami imbau selalu memakai APD yang disesuaikan. Untuk pelaksanaan Pilkada tetap berlangsung, tidak ada penundaan," jelas dia.

Baca Juga: Ketua MPR Desak Pilkada Ditunda Jika Kasus COVID-19 Makin Meningkat

Topic:

  • Rangga Erfizal
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya