TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kebakaran Lahan Sebabkan Tol Palindra Km 16 Tertutup Asap

Proses pemadaman masih berlangsung

Asap kebakaran lahan yang terjadi di kawasan Tol Palindra (Dok: Manggala Agni)

Intinya Sih...

  • Kebakaran lahan melanda wilayah Pemulutan, Ogan Ilir, menutupi jalur tol Palindra di kilometer 16.
  • Tim Manggala Agni dan aparat kepolisian melakukan pemadaman api lewat udara dan darat agar tidak mengganggu pengendara.
  • 395 hotspot terdeteksi di Sumsel pada bulan Juli 2024, lonjakan tertinggi mencapai 82 titik per hari.

Ogan Ilir, IDN Times - Kebakaran lahan kembali melanda wilayah Pemulutan, Ogan Ilir. Kejadian tersebut menyebabkan asap hasil kebakaran lahan sempat menutupi jalur tol Palembang-Indralaya (Palindra) di kilometer 16.

"Benar, telah terjadi kebakaran lahan di sekitar jalan Tol Palindra yang menghanguskan lahan mineral disekitar lokasi," ungkap Kepala Pengendalian Perubahan Iklim Kebakaran Hutan dan Lahan (BPPIKHL) Wilayah Sumatera Ferdian Kritianto, Kepada IDN Times, Sabtu (27/7/2024).

1. Tim masih lakukan pemadaman lewat darat dan udara

Ferdian menjelaskan, Tim Manggala Agni yang tiba di lokasi dibantu aparat kepolisian melakukan pemadaman api yang menjalar disekitar tol. Pemadaman pun dilakukan lewat udara dan darat agar api tidak membesar dan menggangu pengendara jalan tol yang melintas.

"Luas lahan yang terbakar dan luas kebakaran yang berhasil dipadamkan belum dapat dipastikan masih dalam perhitungan," jelas dia.

2. Kondisi kekeringan sebabkan api cepat membakar lahan disekitar tol

Ferdian mengatakan, saat ini kondisi sebagian lahan di Sumsel mulai mengalami kekeringan. Hal ini sangat rawan terbakar saat kondisi panas yang diakibatkan kemarau terjadi di Sumsel.

"Bahan bakaran (purun) tinggi-tinggi dan sangat rawan. Sejauh ini sangat cepat nyebar kalau dimakan api" jelas dia.

Berita Terkini Lainnya