TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kades Ini Rela Keluar Uang Pribadi Bikin Jalan 4 Kilometer di Desanya

Sebelum jadi Kades, Adam merupakan pengusaha perkebunan

Bupati Banyuasin Askolani dan Kades Muara Baru Mekarti Jaya (Dok:Istimewa)

Banyuasin, IDN Times - Muhammad Adam, Kepala Desa Muara Baru, Kecamatan Mekarti Jaya, Banyuasin, Sumatra Selatan (Sumsel), mendapat apresiasi dari Pemkab Banyuasin karena sikap tulusnya memberi pelayanan kepada masyarakat di kampungnya.

Meski tergolong baru menjadi Kades, yakni dua bulan terakhir, Adam langsung membuat gebrakan. Ia membangun jalan akses kampung sepanjang empat kilometer menggunakan uang pribadi.

"Kurang lebih ada empat kilometer jalan yang dibangun untuk masyarakat Muara Baru," ungkap Adam, Selasa (12/4/2022).

Baca Juga: Satlantas Polres Muba Urunan Tampal Jalan di Jalinteng

1. Sumbangkan gaji untuk masyarakat desa

Bupati Banyuasin Askolani dan Kades Muara Baru Mekarti Jaya (Dok:Istimewa)

Adam prihatin dengan kondisi jalan yang menjadi salah satu akses penunjang masyarakat Muara Baru. Warga Ddesa tersebut menggunakan akses darat dan sungai untuk beraktivitas. Adam mengaku menyumbangkan gaji sebagai kades untuk operasional desa.

"Tidak hitung dananya berapa yang penting bisa dipakai masyarakat," ujar dia.

2. Askolani puji sikap Kades Muara Baru

Bupati Banyuasin, Askolani (IDN Times/Rangga Erfizal)

Cerita mengenai pembangunan jalan yang dilakukan Adam pertama kali viral di media sosial. Banyak netizen yang terharu dengan sikap Adam kepada masyarakatnya. Tak hanya membangunkan jalan, Adam pun memberi bantuan kepada warganya yang hendak melahirkan.

Untuk diketahui, penghasilan masyarakat sebagian besar adalah bertani dan berkebun. Adam memiliki perkebunan di sekitar lokasi, namun ia dikenal masyarakat tidak suka pamer.

"Kades ini bisa menjadi contoh. Sebagai kepala desa yang dipercaya, dia membuka jalan bagi masyarakat dengan uang pribadi dan juga gotong royong masyarakat," ungkap Bupati Banyuasin, Askolani, Selasa (12/4/2022).

Baca Juga: Bripda Kelvin Patahkan Stereotip Keturunan Tionghoa Jadi Pengusaha

Berita Terkini Lainnya