Brigadir J Dampingi Ferdy Sambo Sejak Kombes Hingga Jenderal Bintang 2

Keluarga sempat bangga dengan tugas Yosua menjadi ajudan

Jambi, IDN Times - Selepas menyelesaikan sekolah menengah atas (SMA) pada 2012, Nofriansyah Yosua Hutabarat ingin mewujudkan cita-citanya menjadi anggota polisi. Anak pasangan Samuel Hutabarat dan Rosti Simanjuntak itu dibesarkan di Desa Suka Makmur, Kabupaten Muaro Jambi, Provinis Jambi.

Selepas menyelesaikan pendidikan sekolah, Brigadir J atau Yosua sebagai anak laki-laki tertua di keluarga itu memilih untuk bekerja sebagai abdi negara. Ia kemudian mendaftar di Sekolah Polisi Negara (SPN) Jambi dan lulus. Selepas masa pendidikan, Yosua ditempatkan di satuan Brimob Polda Jambi.

"Selepas pendidikan, Yosua malang melintang di Satuan Brimob. Dia sering ditugaskan ke berbagai daerah di Jambi, hingga pernah ditugaskan di suatu tempat di Jambi sebagai sniper," ungkap Samuel Hutabarat kepada IDN Times, Selasa (19/7/2022).

Baca Juga: Keluarga Brigadir J Sebut Sudah Seharusnya Ferdy Sambo Dicopot

1. Keluarga bangga saat Yosua pindah ke Provos

Brigadir J Dampingi Ferdy Sambo Sejak Kombes Hingga Jenderal Bintang 2Ayah Brigadir Polisi Nofriansyah Yosua Hutabarat, Samuel Hutabarat saat dibincangi di rumahnya di Sungai Bahar Jambi (IDN Times/Rangga Erfizal)

Tak lama bertugas di Brimob, Yosua pernah ditugaskan sebagai bagian tim yang diberangkatkan ke Papua dari Brimob Jambi. Menurut keluarga, kurang lebih enam bulan yang bersangkutan berada di bagian Timur Indonesia sebelum kembali ditarik ke kesatuan.

Punya pengalaman sebagai penembak jitu di Brimob, Yosua ditarik sebagai Provos di Brimob Polda Jambi. Keluarga percaya, penunjukan Yosua ke Unit Provos merupakan kunci dari keteguhan dan kejujuran, kedisiplinan, serta ketegasan dirinya sebagai polisi.

"Waktu itu ada kawannya di Brimob datang dan main ke rumah. Dia bilang, gak semua polisi bisa bertugas di Provos. Hanya orang pilihan saja yang bisa," jelas dia. 

Sebagai orangtua yang mengetahui anak menjadi ajudan polisi berpangkat jenderal adalah sebuah kebanggaan. Samuel menilai, kedisiplinan dan keteguhan Yosua membuat sang anak bisa menjadi ajudan seorang perwira tinggi.

"Kami sebagai orangtua tentu bangga dengan karier anak kami," ujar dia.

Baca Juga: Pengacara Keluarga Brigadir J Bakal Tolak Hasil Autopsi Polisi

2. Dipanggil ke Mabes Polri 2019 silam

Brigadir J Dampingi Ferdy Sambo Sejak Kombes Hingga Jenderal Bintang 2Keluarga Brigadir J saat berkunjung ke makam (IDN Times/Rangga Erfizal)

Tiga tahun bertugas di Provos Mapolda Jambi, Yosua mendapat panggilan dari Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) pada 2019 silam. Yosua sempat mengabari ibunya untuk meminta sang kakak menyiapkan seluruh baju dinas sebelum berangkat.

Karier Yosua semakin moncer ketika dirinya dipanggil ke Mabes Polri. Menurutnya, seleksi tersebut dilakukan selama sepekan, kemudian ia kembali lagi ke Jambi untuk mempersiapkan kepindahan.

"Jadi sejak 2019 anak saya sudah jadi ajudan Ferdy Sambo," ujar dia.

Baca Juga: Sebelum Meninggal, Brigadir J Urus Mutasi Adiknya ke Mapolda Jambi

3. Yosua temani Ferdy hingga menjadi jenderal

Brigadir J Dampingi Ferdy Sambo Sejak Kombes Hingga Jenderal Bintang 2Brigadir Polisi Nofriansyah Yosua Hutabarat (kanan) ketika bersama atasannya Kadiv Propam Irjen (Pol) Ferdy Sambo (www.facebook.com/@rohani.simanjuntak)

Yosua turut merasakan mulusnya jabatan Ferdy Sambo. Ketika bertemu pertama kali pada 2019 silam, kala itu Ferdy Sambo baru menjadi Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol). Jika melihat profil Fery Sambo, kala itu dia menjabat Koorspripim Polri sejak 2018. 

Lulusan Akpol 1994 itu kemudian menjadi Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol) saat ditunjuk menjadi Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri, kemudian berpangkat bintang dua menjadi Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) saat menjabat Kadiv Propam Polri.

"Jadi anak kami sudah mendampingi Ferdy Sambo sejak masih jabatan Kombes sampai jadi Jenderal," ungkap dia.

Baca Juga: Keluarga Brigadir J: Pahit Atau Manis Asal Sesuai Fakta

4. Brigadir J dekat dengan keluarga Ferdy Sambo

Brigadir J Dampingi Ferdy Sambo Sejak Kombes Hingga Jenderal Bintang 2Jenazah Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J sebelum dimakamkan. (facebook.com/rohani7131)

Sejak mendampingi Irjen Pol Ferdy Sambo ketika masih berpangkat Kombes Pol, Yosua kata Samuel sering bercerita tentang kedekatannya dengan keluarga. Yosua bahkan tinggal di rumah sang jenderal.

"Anak saya ini memang dekat dengan keluarga Ferdy Sambo semenjak jadi ajudan. Anak saya itu tinggal di rumah dinas Ferdy Sambo," terangnya.

Baca Juga: Temui Keluarga Brigadir J, Kompolnas: Untuk Penilaian Independen

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya