TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ada Polisi Berpihak saat Pilkada di Sumbar, Kapolda: Laporkan!

Masyarakat diimbau untuk melaporkan polisi yang berpihak

Kapolda Sumbar, Irjen Pol Suharyono (Foto: Halbert Caniago)

Intinya Sih...

  • Polda Sumbar klaim tetap netral dalam pilkada
  • Imbau masyarakat laporkan polisi tidak netral
  • Polda bentuk tim penindakan terhadap personel tidak netral

Padang, IDN Times - Polda Sumatra Barat (Sumbar) mengklaim bahwa sampai Polri tetap netral dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada). Kapolda Sumatera Barat, Irjen Pol Suharyono menyatakan bahwa pihaknya sampai saat ini belum ada menerima laporan tentang indikasi tidak netralnya personel di jajaran Polda Sumbar.

Polda Sumbar juga sudah membentuk tim internal untuk menindak personel yang terindikasi tidak netral selama pelaksanaan Pilkada 2024.

Baca Juga: Tahapan Kampanye Pilkada Sumbar Dimulai Hari Ini

1. Masyarakat diminta melapor jika menemukan ada polisi yang enggak netral saat pilkada

Suharyono mengimbau agar masyarakat melaporkan kepada Polda Sumbar jika ada personel polisi yang dicurigai memihak salah satu pasangan calon atau tidak netral dalam pelaksanaan pilkada.

"Kalau ada informasi dari masyarakat tentang adanya personel yang tidak netral dalam Pilkada ini silakan langsung laporkan ke Polda Sumbar," katanya.

Ia menegaskan bahwa pihaknya akan memproses personel yang tidak netral tersebut dengan tegas sesuai dengan aturan yang berlaku. "Karena itu sudah jadi komitmen dari pimpinan Polri yang menyatakan bahwa TNI/Polri itu harus netral," katanya.

2. Kapolda: polisi yang tidak netral bakal ditindak tegas

Suharyono menyatakan bahwa pihaknya telah membentuk tim penindakan terhadap personel yang tidak netral nantinya.

"Dari Propam, dari Paminal kami juga sudah kami gelar secara internal, kalau ada indikasi personel yang mungkin tidak netral ya pasti kami tindak dengan tegas sejak awal," katanya.

Ia menyatakan bahwa pihaknya akan tetap bertindak netral sesuai dengan instruksi dari pimpinan Polri dalam pelaksanaan Pilkada 2024 ini.

3. Suharyono mengklaim seluruh personelnya netral

Suharyono mengklaim, sejauh ini tidak ada personelnya yang bertindak tidak netral atau memihak kepada salah satu pasangan calon Kepala Daerah.

"Sampai saat ini insyaallah tidak ada anggota kami yang tidak netral selama tahapan pilkada ini," katanya.

Baca Juga: Polda Sumbar: Penyelidikan Kasus Afif Maulana Masih Berjalan

Verified Writer

Halbert Caniago

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya