Bantu Tangkap Tersangka Pembunuhan Nia, 45 Warga Dapat Penghargaan

Penghargaan diberikan Polres Padang Pariaman

Padang, IDN Times - Kepolisian Resor (Polres) Padang Pariaman memberikan penghargaan kepada masyarakat yang ikut membantu menangkap pelaku pembunuhan dan pemerkosaan terhadap gadis penjual gorengan, Nia Kurnia Sari (18). Ada 45 warga yang mendapat penghargaan itu. 

"Hari ini kami memberikan penghargaan kepada masyarakat dan juga personel yang terlibat dalam pengungkapan dan penangkapan kasus pembunuhan dan pemerkosaan Nia Kurnia Sari," kata Kapolres Padang Pariaman, AKBP Faishol Amir pada Selasa (24/9/2024).

Seperti diketahui, polisi menangkap tersangka Indra Septiarman (27) di salah satu rumah kosong yang terletak di Kecamatan 2X11 Kayu Tanam pada Kamis (19/09/2024).

Baca Juga: Kapolda Ungkap Hasil Forensik Sperma yang ada di Tubuh Nia Kurnia Sari

1. Polres Padang Pariaman juga memberi penghargaan kepada personel polisi

Bantu Tangkap Tersangka Pembunuhan Nia, 45 Warga Dapat PenghargaanKapolres Padang Pariaman, AKBP Faishol Amir menyerahkan penghargaan kepada masyarakat (Foto: Humas Polres Padang Pariaman)

Ia mengatakan bahwa penghargaan tersebut diberikan kepada 45 orang warga, 13 personel Polda Sumbar dan 66 personel Polres Padang Pariaman dengan total 124 orang.

"Semoga dengan diberikan penghargaan ini, masyarakat bisa bersama menjaga Nagari kedepannya dan kekompakan kemarin itu diaplikasikan dalam Poskamling," katanya.

2. Camat: penghargaan jadi motivasi warga dan pemerintah

Bantu Tangkap Tersangka Pembunuhan Nia, 45 Warga Dapat PenghargaanSalah seorang personel berfoto dengan Kapolres Padang Pariaman usai mendapatkan penghargaan (Foto: Humas Polres Padang Pariaman)

Camat 2X11 Kayu Tanam, Junaidi Syah pun mengungkapkan terima kasihnya kepada Kapolres Padang Pariaman. "Penghargaan yang diberikan ini merupakan sebuah motivasi ke depannya bagi kami pemerintah dan masyarakat," katanya.

Ia mengungkapkan bahwa kekompakan warga dalam menjaga daerah tersebut akan ditingkatkan lagi.

3. Kronologi penangkapan tersangka pembunuhan Nia

Bantu Tangkap Tersangka Pembunuhan Nia, 45 Warga Dapat PenghargaanTersangka Indra Septiarman (27), pelaku pembunuhan Nia Kurnia Sari dihadirkan saat konferensi pers, Jumat (20/9/2024). (IDN Times/Halbert Caniago).

Tersangka pembunuhan gadis penjual gorengan, Nia Kurnia Sari berhasil ditangkap setelah diburu selama 11 hari. Penangkapan tersangka berawal kecurigaan polisi satu unit rumah kosong berada di Jorong Padang Kabau, Nagari Kayutanam, Kecamatan 2X11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman.

"Awalnya saya curiga dengan rumah kosong tersebut dan menghubungi pemilik rumah," kata Kanit Opsnal Satreskrim Polres Padang Pariaman, Aiptu Hendri, Kamis (19/9/2024).

Ia menambahkan, pemilik rumah langsung memberikan akses. Saat tim akan membuka pintu tersebut, ternyata rumah itu terkunci dari dalam.

Lebih lanjut disampaikan Hendri, setelah pintu rumah dibuka paksa, pihaknya langsung menelusuri sekitar lokasi tersebut. "Saya melihat ada rokok dan minuman di dalam rumah itu. Sementara rumah tersebut diketahui kosong," katanya.

Hendri mengatakan, melihat jejak telapak kaki di dinding rumah tersebut semakin meningkatkan kecurigaannya. "Setelah saya selidiki dan tim melakukan pencarian, tersangka ditemukan di atas loteng rumah tersebut," katanya.

Setelah itu, personel kepolisian langsung mengamankan tersangka dan membawanya ke Mapolres Padang Pariaman.

Korban Nia sebelumnya sempat dinyatakan hilang sejak Jumat, 6 September lalu. Setelah dilakukan pencarian, korban akhirnya ditemukan terbukur di dalam lubang sedalam kurang lebih 40 centimeter.

Baca Juga: Polisi Temukan Cangkul yang Digunakan untuk Mengubur Nia Kurnia Sari

Halbert Caniago Photo Community Writer Halbert Caniago

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya