2 Anak Tersambar Api Saat Main Korek Dekat Pipa Gas Bocor

Lokasi pipa terdapat pembangunan jalan dengan alat berat

Prabumulih, IDN Times - Dua orang bocah berinisial AA (8) dan AG (9) warga Desa Tanjung Menang, Kecamatan Prabumulih Selatan, Kota Prabumulih, mengalami luka bakar di sejumlah tubuhnya.

Keduanya menjadi korban sambaran api karena bermain korek yang terkena pipa gas kota bocor pada Sabtu (15/7/2023) sekitar pukul 17.00 WIB.

Korban AA mengalami luka bakar di kaki, tangan, dan luka bakar di area muka. Sedangkan korban AG mengalami luka bakar di tangan serta kaki sebelah kiri.

Baca Juga: IRT di Palembang Disiksa Suami, Tak Beri Uang Beli Narkotika

1. Warga membuat jalan untuk pembangunan SD

2 Anak Tersambar Api Saat Main Korek Dekat Pipa Gas Bocor(Korban tersambar api akibat pipa gas bocor di Prabumulih saat mendapatkan perawatan) IDN Times/istimewa

Kapolsek Prabumulih Timur, AKP Herry Sulistyo DJ, membenarkan peristiwa tersebut. Saat ini korban AA masih menjalani perawatan intensif di RSUD Kota Prabumulih, sedangkan korban AG sudah kembali ke rumah. 

"Berdasarkan informasi, kejadiannya berawal dari saat warga sedang gotong royong sekaligus membuat jalan untuk pembangunan SD di lokasi. Saat itu, kedua korban bersama teman-teman mereka yang lain sedang bermain di lokasi," ujarnya, Minggu (16/7/2023).

Korban AG menemukan korek api gas kemudian dimainkan oleh korban. Tiba-tiba muncul api dan menyambar badan korban serta rumput di sekitar TKP.

"Korban diselamatkan oleh warga yang sedang gotong-royong, kemudian korban AA dan AG dibawa ke Rumah Sakit Umum (RSUD). Warga pun menghubungi pihak Pertamina dan pihak gas kota Prabumulih," jelasnya.

Baca Juga: Ini Wajah Kepala Sekolah yang Minta Sodomi Siswa SMK di Muara Enim

2. Pipa gas diduga bocor saat korban main korek

2 Anak Tersambar Api Saat Main Korek Dekat Pipa Gas BocorIlustrasi korek api (IDN Times/Doni Hermawan)

Kemudian 1 unit mobil pemadam kebakaran dari Pertamina datang memadamkan api pada pukul 18.15 WIB. Pihaknya juga usai menerima laporan langsung memerintahkan petugas piket dan Reskrim mendatangi TKP.

"Penyebab kebakaran diperkirakan dari jalur pipa gas kota yang mengalami kebocoran, sehingga pada saat korban memainkan korek api gas langsung menyambar," jelasnya.

Kades Tanjung Menang, Asmedi, juga membenarkan kejadian itu. Menurutnya peristiwa  itu terjadi pukul 17.00 WIB. Api sudah dipadamkan oleh Damkar dan korban langsung dilarikan ke Rumah Sakit.

"Kita sudah berkoordinasi dengan pihak terkait, baik PD Petro Prabu maupun Pertamina dalam upaya penanggulangan kebocoran," tegasnya.

3. Pihak Petro Prabu langsung perbaiki pipa bocor dan setop distribusi gas

2 Anak Tersambar Api Saat Main Korek Dekat Pipa Gas BocorIlustrasi pipa gas. (unsplash.com/Quinten de Graaf)

Dirut Petro Prabu, Azhari Harun, mengakui kebakaran dipicu oleh pipa gas yang bocor. Pihaknya pun langsung menurunkan tim untuk melakukan perbaikan. 

"Begitu dapat informasi, tim langsung ke lapangan untuk melakukan perbaikan pipa bocor," ungkapnya.

Azhari menambahkan, terdapat pembangunan jalan menggunakan alat berat di lokasi pipa bocor. Diduga pipa bocor disebabkan oknum yang menimbun dengan tanah tanpa memberitahukan kepada pihaknya.

"Kami tidak diberitahu sebelumnya kalau ada pipa bocor di sana. Namun begitu ada info langsung diperbaiki, distribusi gas setop dan pipa yang bocor dipotong kemudian disambung, dan kini telah normal kembali," bebernya.

Baca Juga: 2 Wanita 1 Pria Promotor Judi Online di Palembang Ditangkap

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya