13 Ribu Kendaraan Diprediksi Melintas di Tol Kayuagung Saat Nataru

Waskita tambah satu rest area di KM 360 B

Ogan Komering Ilir, IDN Times - Lalu lintas di Jalan Tol Trans Sumatra, ruas Kayuagung-Palembang, diprediksi mengalami peningkatan selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

Setidaknya 13.000 unit kendaraan diprediksi melintas di ruas tol tersebut selama periode 22 Desember sampai 4 Januari 2023 nanti.

Baca Juga: Pengamanan di Perairan Sumsel Meningkat Jelang Nataru

1. Lonjakan kendaraan bertambah seiring libur sekolah

13 Ribu Kendaraan Diprediksi Melintas di Tol   Kayuagung Saat Nataru(Pintu gerbang tol Pemulutan) IDN Times/Istimewa

Manager Operasi PT Waskita Sriwijaya Tol, Sabdo Hari Mukti mengatakan, volume kendaraan bisa meningkat sebanyak 10 persen dari hari biasa.

"Jumlah kendaraan meningkat pada puncak arus mudik Nataru, yakni di hari perayaan Natal. Adanya lonjakan ini ditambah dengan alasan libur sekolah juga," ujarnya, Minggu (18/12/2022).

Baca Juga: Tak Sanggup Bayar Kredit Mobil, Pria di Mura Bikin Laporan Palsu

2. Tol Kramasan akan dioperasikan selama libur Nataru

13 Ribu Kendaraan Diprediksi Melintas di Tol   Kayuagung Saat Nataru(Pintu gerbang tol Palembang) IDN Times/Istimewa

Ia menambahkan, puncak mudik Nataru diprediksi terjadi pada 24-25 Desember 2022. Sedangkan puncak arus balik diperkirakan terjadi pada 1- 3 Januari 2023.

"Untuk mengantisipasi lonjakan volume kendaraan selama masa mudik Nataru nanti, kita akan mengoperasikan satu gerbang yaitu gerbang Tol Kramasan yang terdiri dari dua gardu masuk dan dua gardu keluar. Sehingga total 4 gardu serta difasilitasi 8 mobile reader dan 8 alat top up kartu uang elektronik," bebernya.

3. Puluhan personel dan armada kendaraan siaga selama Nataru

13 Ribu Kendaraan Diprediksi Melintas di Tol   Kayuagung Saat Nataru(Pintu gerbang tol Kayuagung) IDN Times/Istimewa

Tak hanya itu, ruas tol Kayuagung-Palembang selama arus mudik Nataru ini menyediakan satu rest area yang terdapat di KM 360 B. Dengan fasilitas yang disiapkan seperti masjid, parkir gol 1 dengan kapasitas 50 kendaraan, toilet 2 unit permanen, dan 4 unit portabel. Juga disiapkan gerai UMKM. 

"Selama Nataru ini kita juga menyiagakan armada dan personel sebanyak 90 orang. Termasuk menyiapkan 1 rescue, 40 unit PJR, serta 4 unit patroli jalan tol. Adanya armada siaga 20 kendaraan, dua unit ambulans, empat unit derek,", ungkapnya.

Baca Juga: Sopir Ekspedisi Lintas Sumatra 6 Kali Cabuli Bocah Berusia 11 Tahun 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya