Tak Sanggup Bayar Kredit Mobil, Pria di Mura Bikin Laporan Palsu

Tersangka incar asuransi kredit mobil dan mengelabui petugas

Musi Rawas, IDN Times - Ulah Paimin (51), warga Desa Sumber Jaya, Kecamatan STL Ulu Terawas, Kabupaten Musi Rawas (Mura), Sumatra Selatan (Sumsel), untuk mengelabuhi pihak kepolisian akhirnya terbongkar. 

Baru saja ambil kredit mobil Suzuki New Pickup sekitar enam bulan lalu berjualan pasar kalangan (Pasar Mingguan), Paiman melaporkan mobil tersebut hilang dicuri. Paiman melaporkan jika mobil pickup nomor polisi BG 8430 GE telah hilang saat terparkir di garasi rumahnya, Minggu (11/12/2022) sekitar pukul 05.00 WIB.

Kemudian pada Selasa (13/12/2022), ia mendatangi Mapolsek STL Ulu Terawas untuk membuat laporan ke polisi tentang mobilnya yang hilang tersebut.

Baca Juga: Puluhan Orang di Lubuk Linggau Tertipu Perumahan Syariah

1. Petugas curiga saat melakukan penyidikan

Tak Sanggup Bayar Kredit Mobil, Pria di Mura Bikin Laporan PalsuFoto hanya ilustrasi. (safedepositfederation.com)

Kasat Reskrim Polres Musi Rawas, AKP M Indra Parameswara mengatakan, Paimin mengetahui mobilnya yang terparkir di garasi rumah raib saat ia bangun subuh. Laporan tersebut langsung ditindaklanjuti oleh Unit Resrkim Polsek STL Ulu Terawas dan Tim Landak Satreskrim Polres Musi Rawas.

"Saat melakukan penyidikan anggota merasa janggal dan curiga. Akhirnya diketahui bahwa laporan yang dibuat Paimin ternyata rekayasa alias palsu," ujarnya, Sabtu (17/12/2022).

Baca Juga: Dijanjikan Kerja di PLTU Sumsel, Warga Prabumulih Ditipu Ratusan Juta

2. Tersangka tak sanggup bayar dan ingin mendapatkan asuransi

Tak Sanggup Bayar Kredit Mobil, Pria di Mura Bikin Laporan PalsuIlustrasi Cicilan (IDN Times/Arief Rahmat)

Paiman lalu dibawa ke Mapolres Musi Rawas dan ditahan sebagai tersangka karena membuat laporan palsu, sebagaimana aturan 242 dan 220 KUHP. 

"Saat diinterogasi, tersangka mengakui perbuatannya membuat laporan palsu. Setelah diselidiki, modus yang dilakukan oleh Paimin karena tidak sanggup membayar kredit mobil dan ingin mendapatkan asuransi," ungkapnya.

Kepada penyidik, tersangka juga mengaku jika dirinya yang berjualan dalam keadaan sulit memenuhi kebutuhan sehari-hari, apalagi untuk membayar uang kredit mobil tersebut

3. Mobil tersangka disembunyikan di daerah Jambi

Tak Sanggup Bayar Kredit Mobil, Pria di Mura Bikin Laporan PalsuIlustrasi/Sukma Shakti/IDN Times

Kasat Reskrim menjelaskan, anggotanya telah melakukan pengembangan dan pencarian barang bukti satu unit mobil Suzuki New Carry warna hitam, dengan Nopol BG 8430 GE, dan ditemukan di daerah Sungai Bahar, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi. 

"Barang bukti ditemukan di rumah keluarga tersangka di Sungai Bahar, Muaro Jambi. Semua barang bukti termasuk lembar laporan palsu telah kita amankan," tutupnya.

Baca Juga: Agen Oli di Muba Digerebek, Warga Temukan Ratusan Barang Palsu

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya