[UPDATE] Tambah 15 Orang, Gugus Tugas Sumsel Selidiki Riwayat 3 Pasien

Jumlah pasien meningkat drastis menjadi 37 orang positif PCR

Palembang, IDN Times -  Sebanyak 15 pasien positif baru terkonfirmasi di Sumatera Selatan (Sumsel). Gugus Tugas Pencegahan dan Penanggulangan Corona (COVID-19) Sumsel menjelaskan, mereka yang positif tersebar di beberapa wilayah yakni, Kota Palembang dan Prabumulih masing-masing enam orang, Musi Banyuasin satu orang, dan Lubuk Linggau dua orang. 

"Kasus ini terkonfirmasi lewat metode Polymarese Chain Reaction (PCR) oleh Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang. Sehingga total hari ini menjadi 37 orang yang positif di Sumsel," ujar Jubir Gugus Tugas Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19 Sumsel, Profesor Yuwono, Kamis (16/4).

Baca Juga: [UPDATE] Pasien Positif Corona Nomor 37 di Sumsel Meninggal Dunia

1. Data 15 pasien baru di Sumsel

[UPDATE] Tambah 15 Orang, Gugus Tugas Sumsel Selidiki Riwayat 3 PasienIlustrasi positif COVID-19. pixabay.com

Penambahan pasien positif terbesar sebanyak 11 orang, merupakan polisi yang terjangkit setelah selesai mengikuti pendidikan di Sekolah Pembentukan Perwira, Lembaga Pendidikan Polri (Setukpa Lemdikpol) di Sukabumi.

Berikut data pasien baru berdasarkan domisili:

  • Pasien 23: Perempuan (37), Lubuk Linggau
  • Pasien 24: Perempuan (3), Lubuk Linggau
  • Pasien 25: Perempuan (25), Musi Banyuasin
  • Pasien 26: Perempuan (33), Palembang
  • Pasien 27: Laki-laki (38), Prabumulih
  • Pasien 28: Laki-laki (38), Prabumulih
  • Pasien 29: Laki-laki (40), Palembang
  • Pasien 30: Laki-laki (35), Palembang
  • Pasien 31: Laki-laki (36), Palembang
  • Pasien 32: Laki-laki (35), Palembang
  • Pasien 33: Laki-laki (35), Prabumulih
  • Pasien 34: Laki-laki (35), Prabumulih
  • Pasien 35: Laki-laki (35), Prabumulih
  • Pasien 36: Perempuan (35), Prabumulih
  • Pasien 37: Laki-laki (77), Palembang

"Untuk siswa polisi merupakan pasien nomor 25 sampai 36, kasus mereka impor setelah pulang dari wilayah zona merah. Sedangkan 3 pasien nomor 23, 24, dan nomor 37 masih dalam penyelidikan," ujar Yuwono.

Baca Juga: 11 Polisi Sumsel Positif COVID-19, Pulang Pendidikan dari Sukabumi

2. Anggota polisi lakukan 3 kali tes di 3 lokasi berbeda

[UPDATE] Tambah 15 Orang, Gugus Tugas Sumsel Selidiki Riwayat 3 PasienSantri yang tiba di Palembang (IDN Times/Humas Pemprov Sumsel)

Yuwono menjelaskan untuk 11 anggota polisi yang pulang dari pendidikan Setukpa Lemdikpol di Sukabumi. Mereka dikembalikan ke daerah asal masing-masing setelah menempuh pendidikan. Meski bukan anggota Polda Sumsel, namun mereka dikembalikan ke daerah asal karena belum mendapat penempatan.

"Lonjakan terjadi karena ada pasien baru yakni nomor 26 hingga nomor 36. Mereka sudah tiga kali tes yakni rapid tes pertama di Sukabumi, rapid tes kedua di Betung dan PCR di Palembang," ujar dia.

3. Kota Palembang belum sesuai syarat zona merah

[UPDATE] Tambah 15 Orang, Gugus Tugas Sumsel Selidiki Riwayat 3 PasienTes swab COVID-19 di Labkesda Jabar. Dok/Humas Jabar

Meski ada kelonjakan pasien positif baru, Yuwono menilai Palembang belum dapat dikategorikan wilayah zona merah, seperti halnya Kota Prabumulih. Sebab Prabumulih sudah terjadi kasus transmisi lokal yang mengakibatkan pasien tertular di dalam satu wilayah.

"Zona merah ada definitif lokal. Kenapa Prabumulih zona merah, karena catatan kasusnya menularkan beberapa orang, sehingga terjadi penularan lokal," jelas dia.

Baca Juga: PDAM Tirta Musi Palembang Gratiskan Tagihan Warga, Ini Syaratnya

4. Jumlah ODP dan PDP hingga hari ini

[UPDATE] Tambah 15 Orang, Gugus Tugas Sumsel Selidiki Riwayat 3 PasienWebsite

Sementara itu, jumlah Orang Dalam Pantauan (ODP) di Sumsel saat ini telah mencapai 2.297 dengan jumlah kasus dinyatakan selesai 1.864, dan 630 orang lagi masih dalam pemantauan.

Sedangkan untuk jumlah Pasien Dalam Pemantauan (PDP) sebanyak 84 orang, dengan rincian 59 orang dinyatakan negatif dan 25 orang lainnya masih dalam pengawasan.

Sedangkan untuk jumlah sampel yang dilakukan pemeriksaan di laboratorium BBLK Palembang mencapai 239 orang, dengan hasil positif sebanyak 37 orang dan sampel negatif 98 orang.

"Untuk jumlah tambahan PDP per hari ini sebanyak empat orang. Konfirmasi pasien sembuh masih empat orang," tutup dia.

Baca Juga: 10 Potret Banjir Palembang di Tengah Pandemi Corona

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya